Beda dengan motor tipe karburator yang tiap komponennya tidak selalu berkaitan, motor dengan teknologi fuel injection seperti Honda Vario 150 justru sebaliknya.
Ini karena motor punya otak yang biasa disebut ECM (Engine Control Module) atau ECU (Engine Control Unit), dan bisa membawa kondisi komponen.
Ya memang tugas dari ECU ini membaca seluruh pergerakan serta performa mesin dari sensor yang sudah disematkan di berbagai tempat.
Semakin banyak sensor yang digunakan maka kinerja mesin akan lebih optimal, namun bisa membuat harga produksi jadi lebih mahal.
Dari hasil pembacaan sensor tersebut, ECU akan mengatur kinerja mesin secara optimal sesuai dengan mapping yang sudah dibuat oleh para tim teknisi tiap pabrikan sepeda motor.
Karena banyak sekali sensor pada mesin, maka motor dengan sistem injeksi, lebih pintar dalam mendeteksi masalah baik pada mesin maupun kelistrikan.
Dan ada beberapa cara untuk mendeteksi masalah pada motor, yang ditandai dengan beberapa sinyal.
Baca juga: Harga Beda Tipis, Ini Daya Tarik Honda Scoopy Ketimbang Vario 125
Untuk motor yang dilengkapi dengan layar digital pada spidometer, biasanya kode kerusakan akan langsung ditampilkan dengan angka.
Umumnya dipakai pada motor yang sudah menggunakan layar LCD atrau TFT untuk panel meternya.
Tapi jika belum maka menggunakan kode kedipan pada indikator MIL (Malfunction Indicator Lamp) atau lampu check engine.
Salah satu yang mengandalkan kode kedipan pada MIL adalah Honda Vario 150, kurang lebih ada 8 kode kedipan MIL pada Vario 150 yang rasanya perlu diketahui oleh para pemiliknya.
“Ada yang masih bisa jalan karena PGM-FI kita ada fitur Fail-safe demi keamanan dan ada juga yang mesinnya tidak bisa dihidupkan,” sebut Reza Rezdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).
Seperti 7 kali kedipan indikator MIL yang berarti ada kegagalan fungsi pada rangkaian sensor ECT (Engine Coolant Temperature), gejala yang ditimbulkan adalah mesin sulit dihidupkan dalam keadaan dingin.
Baca juga: Honda CB650R 2023 Kini Bertema Black Edition, Harga Rp 291 Jutaan
Kemudian ada kedipan terbanyak, mencapai 91 kedipan yang menunjukan kegagalan fungsi pada Ignition Coil rangkaian primer, gejala yang ditimbulkan adalah mesin tidak dapat dihidupkan.
“Ketika indikator MIL berkedip maka perlu diperiksa untuk memastikan apakah ada kabel yang putus, konslet, atau komponen terkaitnya,” tambah Reza.
Jika mengalami kondisi hingga mesin tidak bisa dihidupkan, kabar baiknya bisa menghubungi bengkel AHASS terdekat atau manfaatkan layanan Home Service atau Servis Kunjung.
Pasalnya untuk membaca error dari sinyal yang dikirimkan ECU, dibutuhkan tools khusus untuk bisa membaca kerusakan dan solusinya.
Maka berikut kami kirimkan, daftar lengkap tanda kedipan pada Vario 150 yang bisa dilihat pada tabel di bawah ini:
Arti Kedipan MIL Honda Vario 150 | ||
---|---|---|
Kedipan | Kerusakan | Gejala |
7 | Kegagalan fungsi pada rangkaian sensor ECT | Gejala mesin sulit dihidupkan dalam keadaan dingin |
8 | Kegagalan fungsi pada rangkaian sensor TP | Gejala akselesari mesin kurang responsif |
11 | Kegagalan fungsi pada rangkaian sensor kecepatan kendaraan | Gejala mesin bekerja normal namun fungsi ISS dan speedometer tidak bekerja. |
12 | Kegagalan fungsi pada rangkaian injektor | Gejala motor tidak dapat dihidupkan |
21 | Kegagalan fungsi pada rangkaian sensor O2 | Mesin tetap bekerja normal |
33 | Kegagalan fungsi ECM | Gejalan putaran stasioner tidak stabil |
52 | Kegagalan fungsi pada rangkaian sensor CKP | Gejala mesin tidak dapat dihidupkan |
91 | Kegagalan fungsi pada Ignition Coil rangkaian primer | Gejala mesin tidak dapat dihidupkan |