Pentingnya Merawat V-Belt Skutik, Kalau Putus Motor Bisa Jalan di Tempat

Naik motor tinggal gas-rem tentu sangat memudahkan, hal itulah yang dirasakan pengguna motor jenis skutik (skuter matik). Kemudahan itu tak lepas dari adanya CVT (Continuous Variable Transmission) yang didalamnya terdapat banyak komponen.

Salah satunya yang paling vital adalah v-belt. Komponen satu ini berfungsi menghubungkan poros mesin dan poros roda, seperti rantai pada motor bebek atau sport.

Baca juga : Waspada Suara Aneh Di CVT Skutik, Bisa Jadi Komponen Ini Yang Rusak

V-belt terdapat disemua motor skutik.

"V-belt merupakan komponen yang tidak dapat dilihat langsung kondisinya oleh pengendara, namun perannya sangat penting dalam menunjang performa skutik kesayangan konsumen Honda. Pengecekan secara berkala di AHASS sesuai dengan buku panduan servis sangat kami sarankan agar kondisi v-belt tetap prima," ujar Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Baca juga : Jadi Varian Termahal, Berapa Cicilan Honda Vario 125 CBS ISS Pelek Emas Ini?

Penggunaan v-belt sebenarnya telah memiliki patokan umur optimal pemakaian, namun penggunaan setiap motor berbeda-beda. Dan jika dibiarkan terus padahal v-belt sudah termakan usia, skutik kalian bakal netral karena v-belt putus.

V-belt menghubungkan poros mesin dan roda.

Lantas bagaimana cara agar v-belt skutik kita tetap awet? Berikut tips lengkapnya:

1. Periksa Berkala

Untuk skutik Honda, v-belt harus dicek berkala pada penggunaan 8.000 Km. Secara teori, umur pakai komponen ini dapat menyentuh 24.000 km dan setelah itu harus dilakukan penggantian.

Baca juga : Beda Sampai Rp 3 Jutaan, Ini Keunggulan Honda Vario 125 2021 Dibanding Honda Vario 150 2021

Namun hal tersebut bergantung terhadap gaya berkendara dari setiap pengendara. Kondisi ruang CVT yang kotor pun juga dapat memperpendek usia dari v-belt.

2. Part Racing

Biasanya banyak pengguna skutik yang main 'kirian' atau ngoprek komponen di dalam CVT untuk bisa dapatkan akselerasi lebih spontan. Tapi ada resiko yang bisa mempersingkat usia pakai v-belt juga.

Untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, maka sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih aksesoris untuk sepeda motor anda. Sehingga secara kualitas pun tetap terjaga.

V-belt bisa dipakai sampai 24.000 km.

3. Berkendara Wajar

Saat posisi skutik sedang langsam atau idle, sebaiknya pengendara tidak memainkan tuas gas. Ingat, sepeda motor yang anda gunakan bertransmisi matik, sehingga ketika anda memainkan tuas gas maka v-belt akan mengencang dan menggerakan roda belakang.

Baca juga : Indikator Aki Menyala, Apa yang Harus Dilakukan Pemilik Honda Vario?

Oleh karena itu, penggunaan fitur Idling Stop System (ISS) sangat disarankan dalam kondisi ini, sebab selain ramah lingkungan juga dapat memperpanjang umur v-belt skutik anda.

Jika v-belt putus, motor akan hidup normal tapi tak  bisa bergerak.

Kesimpulan

V-belt yang terbuat dari karet memiliki masa pakai yang panjang, seperti disebutkan Endro tadi. Namun kerusakan bisa terjadi karena berbagai sebab, seperti usia pakai, kotoran yang menumpuk di dalam CVT hingga cara berkendara yang tak wajar.

Baca juga : Catatan: Komponen CVT Honda Vario yang Wajib Rutin Diperiksa

Penggunaan part racing/aftermarket pun jika untuk sehari-hari sebaiknya tak dilakukan. Kecuali jika kalian memang siap dengan resikonya seperti masa pakai komponen CVT yang akan jadi lebih singkat.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat
Lihat