Akhirnya Suzuki menjual motor matic dengan konsep maxi scooter, yaitu Suzuki Burgman Street 125EX yang sayangnya menuai kritik dari beberapa pecinta roda dua di Indonesia.
Yang paling dilirik adalah area kaki-kaki dari Suzuki Burgman Street 125EX, karena dirasa dimensinya kurang proporsional dengan dimensi bodinya yang cukup gambot.
Memang jika melihat rodanya, depan pakai lingkar 12 inci dengan lebar 2,15 inci dibalut ban 90/90-12, untuk belakang lingkarnya tetap 12 inci tapi pakai lebar 2,5 inci berbalut ban 100/80-12.
Hal ini juga yang membuat Mamet Rahadi memodifikasi Suzuki Burgman Street 125EX miliknya, tahap pertama berfokus di area kaki-kaki.
Sepasang pelek milik Yamaha NMax coba dipasangkan ke matic CBU India ini, tentu saja prosesnya tidak plug and play sehingga membutuhkan beberapa penyesuaian.
Pemilihan pelek NMax ini dirasa tepat ketika dikombinasi dengan dimensi Burgman Street 125EX.
Pasalnya punya lingkar 13 inci dengan lebar 3 inci depan berbalut ban 110/70-13 sedangkan belakang lingkar 13 inci lebar 3,5 inci dan menggunakan ban 130/70-13.
Baca juga: Duel Motor Ayam Jago, Antara Suzuki Satria F150 Atau Honda Sonic 150R?
Untuk pelek depan tergolong minim ubahan, karena Mamet hanya melakukan pemapasan sisi tengah pelek saja agar bisa terpasang di segitiga Burgman Street 125EX yang mana tidak selebar NMax.
Setelah itu dikombinasi dengan cakram 260 mm berlabel TDR yang diapit kaliper Nissin Samurai, selain membuat tampilannya lebih padat ini juga sekaligus membuat performa rem lebih optimal.
Ubahan cukup banyak ada pada proses pemasangan pelek belakang, banyak yang dipapas, terutama sisi kiri biar ketemu lurus dengan roda depan.
"Habis itu dibuat cover aluminium di kiri biar gak banyak gap sama crankcase,” tunjuk pemilik bengkel rumahan D’Kardiman Project ini.
Tidak sampai di situ, karena pelek belakang NMax menggunakan sistem rem hidrolis atau cakram maka perlu ada penyesuaian untuk membuat rem belakang Burgman Street 125EX ini menjadi cakram.
Baca juga: Cocok Buat Touring, Harga Suzuki V-Strom 250 SX Bekas Masih Tinggi!
Swing arm custom dari pelat besi jadi andalan biar lebih fleksibel, karena untuk dudukan kaliper juga.
"Habis itu shock belakang dipendekin sedikit pakai punya Nex II yang panjangnya 310 mm. Kalau pakai shock asli jadi kerasa tinggi dan ban belakang napak pas standar tengah,” tunjuknya.
Dengan ubahan ini tampilan Suzuki Burgman Street 125EX langsung berubah drastis!
Kaki-kaki menjadi lebih proporsional karena kian padat, ruang kosong di area kolong pun kini lebih minim.
“Paket ini kurang lebih biayanya Rp 9-10 jutaan. SUdah lengkap berikut kaliper depan Nissin samurai, kaliper belakang punya Supra X 125, slang rem depan braided TDR, sampai swing arm custom,” tutup Mamet.
Auto cakep!
D’Kardiman Project: 0812-1983-1987