Cocok Buat Touring, Harga Suzuki V-Strom 250 SX Bekas Masih Tinggi!

Suzuki V-Strom 250 SX.
  • Harga barunya paling terjangkau dari kompetitor.
  • Mesin kuat bertenaga.
  • Unit bekasnya masih jarang.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam beberapa tahun terakhir, menggelontorkan sejumlah motor baru di Indonesia.

Selain motor matic yang memang pasarnya besar, ada pula motor touring adventure.

Motor itu adalah Suzuki V-Strom 250 SX yang didatangkan utuh, alias CBU dari India.

Yang menarik, motor ini menyajikan desain yang tangguh dan kokoh khas motor petualang.

Apalagi bawaannya sudah terpasang hand guard serta engine guard, sehingga lebih aman dari benturan saat menjelajah.

Sebagai informasi saja, saat dikenalkan pertama kalinya, motor tersebut dilepas dengan harga Rp 59,5 juta on the road Jakarta.

Sebuah harga yang terjangkau, bahkan lebih murah dari para kompetitor sesama motor touring adventure kelas 250 cc.

Harga Bekas Suzuki V-Strom 250 SX

Sejujurnya mencari unit bekas dari motor satu ini masih terhitung sulit, karena belum banyak yang melepasnya.

Namun kami menemukan beberapa penjual yang melepasnya dengan harga Rp 58 jutaan.

Yup, banderolnya selisih tipis dari harga barunya, mengingat motor ini baru dirilis tahun 2023 lalu.

Baca juga : Mengenal Fitur Pengaman di Suzuki V-Strom 250 SX, Aktif Saat Motor Terjatuh

Unit bekasnya masih jarang di pasaran.

Dan biar kondisi bekas, karena tahun produksi muda, kondisi unit yang ditawarkan pun masih segar.

Tidak ada bekas lecet pada bodi, bahkan karat pada bagian kaki-kaki, jarak tempuhnya pun masih diangka 1.000-an km.

Tapi menariknya, motor ini oleh pemiliknya dijual lengkap bersamaan dengan top box dan side box.

Yang mana merupakan aksesoris tambahan, yang pada awal pengiriman unit, aksesoris ini adalah bonus dari Suzuki.

Sekilas Suzuki V-Strom 250 SX

Sebagai sebuah motor adventure, Suzuki V-Strom 250 SX punya tampilan gagah namun ramping.

Pada bodi depan terlihat berisi dengan shroud tangki yang cukup besar, yang seolah menyatu dengan lekuk paruh bebeknya.

Lampu depan sudah LED.

Lampu utama sudah LED dengan tiga kolom reflektor, atas-bawah untuk lampu depan dan tengah untuk lampu jauh.

Area setangnya lebar dengan hand guard yang juga kokoh dan tebal, ampuh melindungi tangan dari benturan.

Menuju bagian tengah motor, tangki berkapasitas 12 iter jadi andalan dan terbungkus cover plastik.

Jok pakai model terpisah untuk pengendara dan pembonceng. Cover bodi tengah pun minimalis.

Baca juga : Test Ride Suzuki V-Strom 250 SX 2024, Idola Baru Buat Touring?

Desain bodi buritan nampak ramping, bahkan disematkan bahan bodi plastik kasar agar tak mudah tergores.

Asyiknya behel motor sudah model panjang yang bisa dimanfaatkan untuk dudukan top box.

Secara dimensi, motor ini berukuran panjang 2.180 mm, lebar 880 mm dan tinggi 1.355 mm.

Nyaman untuk sendiri atau berboncengan.

Jarak sumbu rodanya 1.440 mm dengan jarak terendah yakni 205 mm, dengan bobot motor 167 kg.

Lalu panel meternya sudah full digital negatif display, yang bentuknya mirip kepunyaan Suzuki Gixxer SF 250.

Peleknya pakai model casting terbungkus ban 100/90-19 dan 140/70-17 dengan tapak ban dual purpose.

Pengeremannya sudah cakram pada keduanya rodanya serta sudah ABS dual channel, jadi lebih safety!

Spesifikasi mesinnya 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin oli berjuluk SOCS yang merupakan teknologi khas Suzuki.

Ukuran pistonnya 76 mm dengan langkah piston 54,9 mm alias over bore nih.

Mesin 249 cc tersebut mampu hasilkan tenaga 26,8 PS @9.300 rpm dan torsi maksimal 22,2 Nm @7.300 rpm, via transmisi 6 percepatan. 

Kecepatan maksimalnya pun termasuk tinggi, mencapai 143 km/jam pada spidometernya!

Mesin pendingin oli.

Asyiknya lagi motor ini ramah untuk bermacet-macetan, lantaran tuas kopling yang empuk meski tanpa Assist & Slipper Clutch.

Yang memuaskan adalah panas mesin yang tak terlalu berasa, meski hanya pakai pendingin oli.

Kompetitor Terdekat

Suzuki V-Strom 250 SX sendiri bukanlah satu-satunya motor sport touring adventure kelas 250 cc.

Sebelumnya sudah ada Kawasaki Verys-X 250 yang lebih dulu hadir, dengan mesin 2 silinder segarisnya.

Pakai basis mesin Ninja 250, motor ini mampu hasilkan output tenaga 34 PS di 11.500 rpm serta torsi 21,7 Nm di 10.000 rpm.

Kawasaki Versys-X 250.

Daya tariknya adalah motor ini punya nafas mesin yang panjang, sehingga pas untuk touring antar kota.

Kecepatan yang bisa diraih pun bakal lebih tinggi, serta mesin minim getaran menambah rasa nyaman.

Berikutnya ada Honda CRF250 Rally, yang merupakan motor berbasis trail, namun dibuat ala motor reli.

Baca juga : Mudahnya Merawat SOCS, Teknologi Pendingin Mesin Suzuki V-Strom 250 SX

Ciri khasnya adalah tampilan depannya yang dibuat lebih gambot, karena ada fairing-nya.

Fairing ini juga untuk menyesuaikan dengan kapasitas tangki yang membesar, dibandingkan versi trail-nya.

Keunggulan motor ini lebih capable untuk dipakai blusukan, karena DNA motor trail-nya tadi.

Honda CRF250 Rally.

Menggendong mesin 250 cc silinder tunggal, output yang bisa dicapai 25,6 PS di 8.500 rpm dan torsi 23,1 Nm di 6.500 rpm.

Kesimpulan

Tim redaksi Autofun.co.id sendiri telah mencoba motor ini untuk harian dan touring jarak dekat.

Karakternya bisa dikatakan ada di tengah-tengah antara Versys-X dan CRF250 Rally.

Motor ini lincah, ringan dan mudah dikendalikan karena dimensi yang terhitung ramping.

Namun karakter suspensi belakang yang kaku, membuatnya kurang nyaman untuk melibas jalan off road.

Sebaliknya saat dipakai melibas jalan aspal, motor terasa stabil, bahkan saat dipakai berboncengan.

Dan dengan unit bekasnya yang masih relatif jarang tersedia, butuh kesabaran dan usaha ekstra untuk bisa mendapat unit incaran.

Baca juga : Jadi Motor Adventure Terjangkau, Berapa Pajak Suzuki V-Strom 250 SX?

Spesifikasi Suzuki V-Strom 250 SX
Dimensi (PxLxT) 2.180 x 880 x 1.355 mm
Sumbu Roda 1.440 mm
Jarak Terendah 205 mm
Tinggi Jok 835 mm
Kapasitas Tangki 12 liter
Berat 167 kg
Tipe Mesin 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin oli
Diameter x Langkah 76 x 54,9 mm
Kapasitas Mesin 249 cc
Tenaga Maksimal 26,8 PS @ 9.300 rpm
Torsi Maksimal 22,2 Nm @ 7.300 rpm
Transmisi Manual, 6 speed
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok, preload
Ban Depan 100/90-17
Ban Belakang 140/70-17
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS
Harga  Rp 59,5 juta (OTR Jakarta)
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Aktifitas pembalap MotoGP beragam mulai bertemu fans hingga liburan. MotoGP Mandalika 2024 digelar pada 27-29 September 2024. Jelang MotoGP Mandalika 2024 pada 27-29 September 2024, para pembalap yang sudah mendarat di Indonesia langsung disibukan dengan berbagai kegiatan. Ya, sejumlah agenda harus mereka lakukan, karena merupakan rangkaian kegiatan yang dibuat secara langsung oleh para sponsor. Satu diantaranya adalah Takaaki Nakagami yang merupakan Pembalap LCR Honda Idemitsu Nomor 30 di kelas
Lampu full LED tapi pancarannya kurang tebal. Performa bertenaga dengan power modes dan e-boost. Jarak tempuh 2 baterai di rentang 75-90 km. Alva Cervo jadi produk kedua dari PT Ilectra Motor Group (IMG) yang punya konsep lebih sporty dan atraktif dibandingkan dengan produk pertamanya yaitu Alva One. Motor listrik ini dibanderol dengan harga Rp 37,750 juta untuk 1 baterai dan harga Rp 42,750 juta untuk 2 buah baterai. Dengan harga di atas Rp 35 jutaan, tentu banyak calon konsumen yang mengharapk
Update di sektor aerodinamika dengan winglet baru. Rasio kompresi naik membuat tenaga maksimal tembus 217,5 ps. Tak disangka tak diduga, PT Astra Honda Motor (AHM) masih semangat bermain di segmen bigbike dengan memperkenalkan model terbaru dari CBR1000RR-R Fireblade 2024. Motor ini dihadirkan untuk memenuhi permintaan pecinta motor sport berperforma tinggi di Indonesia. Tentunya mereka yang menginginkan tunggangan dengan spesifikasi terbaik dan pengalaman berkendara mendekati sensasi MotoGP. Ba
Hadirkan beragam produk oli untuk motor. Apresiasi distributor dengan trip ke Eropa. Banyaknya populasi kendaraan bermotor termasuk sepeda motor di Indonesia, jadi lahan empuk untuk beragam pihak. Diantarnya adalah produsen komponen hingga pelumas yang kini banyak sekali pemainnya di Indonesia. Terlebih motor kini sudah menjadi gaya hidup, bukan hanya moda transportasi semata. Maka produk yang dibeli konsumen untuk merawat kendaraannya, tentu mulai naik kesegmen premium. Motul sebagai merek pelu
Yamaha adakan Meet & Greet bersama komunitas. City touring di wilayah Mataram pakai XMax. Jelang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, sejumlah rider terlibat aktifitas bersama fans, seperti halnya Fabio Quartararo yang keliling kota mengendarai Yamaha XMax. Yup, ajang tertinggi balap sepeda motor yaitu MotoGP akan berlangsung akhir pekan ini tepatnya pada tanggal 28-29 September 2024. Para tim dan pembalap pun mulai berdatangan ke Indonesia dan mulai melakukan banyak kegiatan termasuk kegiatan

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Suzuki V-Strom SX 250
Lihat