PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam beberapa tahun terakhir, menggelontorkan sejumlah motor baru di Indonesia.
Selain motor matic yang memang pasarnya besar, ada pula motor touring adventure.
Motor itu adalah Suzuki V-Strom 250 SX yang didatangkan utuh, alias CBU dari India.
Yang menarik, motor ini menyajikan desain yang tangguh dan kokoh khas motor petualang.
Apalagi bawaannya sudah terpasang hand guard serta engine guard, sehingga lebih aman dari benturan saat menjelajah.
Sebagai informasi saja, saat dikenalkan pertama kalinya, motor tersebut dilepas dengan harga Rp 59,5 juta on the road Jakarta.
Sebuah harga yang terjangkau, bahkan lebih murah dari para kompetitor sesama motor touring adventure kelas 250 cc.
Sejujurnya mencari unit bekas dari motor satu ini masih terhitung sulit, karena belum banyak yang melepasnya.
Namun kami menemukan beberapa penjual yang melepasnya dengan harga Rp 58 jutaan.
Yup, banderolnya selisih tipis dari harga barunya, mengingat motor ini baru dirilis tahun 2023 lalu.
Baca juga : Mengenal Fitur Pengaman di Suzuki V-Strom 250 SX, Aktif Saat Motor Terjatuh
Dan biar kondisi bekas, karena tahun produksi muda, kondisi unit yang ditawarkan pun masih segar.
Tidak ada bekas lecet pada bodi, bahkan karat pada bagian kaki-kaki, jarak tempuhnya pun masih diangka 1.000-an km.
Tapi menariknya, motor ini oleh pemiliknya dijual lengkap bersamaan dengan top box dan side box.
Yang mana merupakan aksesoris tambahan, yang pada awal pengiriman unit, aksesoris ini adalah bonus dari Suzuki.
Sebagai sebuah motor adventure, Suzuki V-Strom 250 SX punya tampilan gagah namun ramping.
Pada bodi depan terlihat berisi dengan shroud tangki yang cukup besar, yang seolah menyatu dengan lekuk paruh bebeknya.
Lampu utama sudah LED dengan tiga kolom reflektor, atas-bawah untuk lampu depan dan tengah untuk lampu jauh.
Area setangnya lebar dengan hand guard yang juga kokoh dan tebal, ampuh melindungi tangan dari benturan.
Menuju bagian tengah motor, tangki berkapasitas 12 iter jadi andalan dan terbungkus cover plastik.
Jok pakai model terpisah untuk pengendara dan pembonceng. Cover bodi tengah pun minimalis.
Baca juga : Test Ride Suzuki V-Strom 250 SX 2024, Idola Baru Buat Touring?
Desain bodi buritan nampak ramping, bahkan disematkan bahan bodi plastik kasar agar tak mudah tergores.
Asyiknya behel motor sudah model panjang yang bisa dimanfaatkan untuk dudukan top box.
Secara dimensi, motor ini berukuran panjang 2.180 mm, lebar 880 mm dan tinggi 1.355 mm.
Jarak sumbu rodanya 1.440 mm dengan jarak terendah yakni 205 mm, dengan bobot motor 167 kg.
Lalu panel meternya sudah full digital negatif display, yang bentuknya mirip kepunyaan Suzuki Gixxer SF 250.
Peleknya pakai model casting terbungkus ban 100/90-19 dan 140/70-17 dengan tapak ban dual purpose.
Pengeremannya sudah cakram pada keduanya rodanya serta sudah ABS dual channel, jadi lebih safety!
Spesifikasi mesinnya 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin oli berjuluk SOCS yang merupakan teknologi khas Suzuki.
Ukuran pistonnya 76 mm dengan langkah piston 54,9 mm alias over bore nih.
Mesin 249 cc tersebut mampu hasilkan tenaga 26,8 PS @9.300 rpm dan torsi maksimal 22,2 Nm @7.300 rpm, via transmisi 6 percepatan.
Kecepatan maksimalnya pun termasuk tinggi, mencapai 143 km/jam pada spidometernya!
Asyiknya lagi motor ini ramah untuk bermacet-macetan, lantaran tuas kopling yang empuk meski tanpa Assist & Slipper Clutch.
Yang memuaskan adalah panas mesin yang tak terlalu berasa, meski hanya pakai pendingin oli.
Suzuki V-Strom 250 SX sendiri bukanlah satu-satunya motor sport touring adventure kelas 250 cc.
Sebelumnya sudah ada Kawasaki Verys-X 250 yang lebih dulu hadir, dengan mesin 2 silinder segarisnya.
Pakai basis mesin Ninja 250, motor ini mampu hasilkan output tenaga 34 PS di 11.500 rpm serta torsi 21,7 Nm di 10.000 rpm.
Daya tariknya adalah motor ini punya nafas mesin yang panjang, sehingga pas untuk touring antar kota.
Kecepatan yang bisa diraih pun bakal lebih tinggi, serta mesin minim getaran menambah rasa nyaman.
Berikutnya ada Honda CRF250 Rally, yang merupakan motor berbasis trail, namun dibuat ala motor reli.
Baca juga : Mudahnya Merawat SOCS, Teknologi Pendingin Mesin Suzuki V-Strom 250 SX
Ciri khasnya adalah tampilan depannya yang dibuat lebih gambot, karena ada fairing-nya.
Fairing ini juga untuk menyesuaikan dengan kapasitas tangki yang membesar, dibandingkan versi trail-nya.
Keunggulan motor ini lebih capable untuk dipakai blusukan, karena DNA motor trail-nya tadi.
Menggendong mesin 250 cc silinder tunggal, output yang bisa dicapai 25,6 PS di 8.500 rpm dan torsi 23,1 Nm di 6.500 rpm.
Tim redaksi Autofun.co.id sendiri telah mencoba motor ini untuk harian dan touring jarak dekat.
Karakternya bisa dikatakan ada di tengah-tengah antara Versys-X dan CRF250 Rally.
Motor ini lincah, ringan dan mudah dikendalikan karena dimensi yang terhitung ramping.
Namun karakter suspensi belakang yang kaku, membuatnya kurang nyaman untuk melibas jalan off road.
Sebaliknya saat dipakai melibas jalan aspal, motor terasa stabil, bahkan saat dipakai berboncengan.
Dan dengan unit bekasnya yang masih relatif jarang tersedia, butuh kesabaran dan usaha ekstra untuk bisa mendapat unit incaran.
Baca juga : Jadi Motor Adventure Terjangkau, Berapa Pajak Suzuki V-Strom 250 SX?
Spesifikasi Suzuki V-Strom 250 SX | ||
---|---|---|
Dimensi (PxLxT) | 2.180 x 880 x 1.355 mm | |
Sumbu Roda | 1.440 mm | |
Jarak Terendah | 205 mm | |
Tinggi Jok | 835 mm | |
Kapasitas Tangki | 12 liter | |
Berat | 167 kg | |
Tipe Mesin | 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin oli | |
Diameter x Langkah | 76 x 54,9 mm | |
Kapasitas Mesin | 249 cc | |
Tenaga Maksimal | 26,8 PS @ 9.300 rpm | |
Torsi Maksimal | 22,2 Nm @ 7.300 rpm | |
Transmisi | Manual, 6 speed | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Monosok, preload | |
Ban Depan | 100/90-17 | |
Ban Belakang | 140/70-17 | |
Rem Depan | Cakram, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS | |
Harga | Rp 59,5 juta (OTR Jakarta) |