Update Harga Kawasaki Ninja 250, Si Pelopor Sport 250 Cc di Indonesia

Kawasaki Ninja 250 hadir dalam 2 pilihan tipe.
  • Tipe paling rendah cuma beda Rp 2 jutaan dengan XMax.
  • Tampilan sporty tapi dengan posisi berkendara nyaman.

Kawasaki Ninja 250 bisa dibilang menjadi pelopor pasar motor 250 cc 2 silinder, yang pertama kali diperkenalkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pada tahun 2008 dengan harga Rp 48 jutaan.

Tentu saja dengan segala fitur dan juga performa yang ditawarkan, membuat Kawasaki Ninja 250 menjadi primadona pada masanya, terlebih belum banyak kompetitor yang bermain di segmen sport 250 cc 2 silinder.

Hingga akhirnya pada tahun 2020 secara resmi KMI meluncurkan Kawasaki Ninja ZX-25R yang mengejutkan, karena menghadirkan kembali sport fairing 250 cc bermesin 250 cc 4 silinder.

Meski begitu Ninja 250 2 silinder masih hadir hingga saat ini dan bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin memiliki sport fairing 250 cc 2 silinder.

Baca juga: Alasan Kawasaki Jualan Produk ATV, UV dan RUV di Indonesia

Kawasaki Ninja 250 warna Passion Red.

Kalau melihat di halaman resminya, Ninja 250 saat ini hadir dalam 2 pilihan tipe yang bisa dipilih.

Dan harganya ternyata bersinggungan dengan matic 250 cc ternama, yakni Yamaha XMax tuh. Penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Kawasaki Ninja 250 Base Model

Pertama yang paling terjangkau atau tipe basic dari Ninja 250 yang dibanderol Rp 68,4 juta on the road Jakarta.

Untuk model 2025, Ninja 250 ini hanya tersedia dalam pilihan warna Passion Red yang mana warna merahnya bisa dibilang cukup solid.

Kemudian hanya ditemani dengan striping minimalis pada fairing bertuliskan Ninja 250 dengan warna putih juga hitam.

Baca juga: Bukan Matic, Kawasaki Indonesia Justru Jual Kendaraan Roda Empat!

Kawasaki Ninja 250 ABS SE warna Lime Green.

Sebagai pemanis, terdapat wheels sticker atau stiker pelek yang terpasang pada bibir pelek menggunakan warna putih sehingga tampilan rodanya tidak didominasi hitam.

Kawasaki Ninja 250 ABS SE

Di atasnya terdapat varian Ninja 250 ABS SE dengan harga Rp 79,9 juta on the road Jakarta.

Tipe ini menggunakan warna Lime Green yang khas dengan merek Kawasaki, ditemani juga dengan striping memanjang kombinasi warna putih, kuning, juga hitam.

Perbedaan harga Rp 11,5 juta di antara keduanya membuat varian basic dan varian SE ini memiliki kelengkapan berbeda.

Baca juga: Masih Favorit, Harga Kawasaki KLX150 Series Mulai Rp 33 Jutaan!

Suspensi depan teleskopik dengan diameter jumbo.

Seperti sudah dibekali dengan pillion seat cover atau cover single seat pada jok pembonceng, DC outlet untuk mengisi daya smartphone.

Lalu large smoke windshield, frame sliders, special edition graphics, KIPASS master key system, dan tentu saja fitur ABS.

Mesin Kawasaki Ninja 250

Selebihnya kedua tipe ini memiliki kelengkapan yang sama, seperti jantung pacunya yang menggunakan mesin 250 cc 2 silinder segaris, DOHC, pendingin cairan, dan 6 percepatan.

Kedua throttle body (TB) berdiameter 32 mm terpasang dengan posisi dongak atau downdraft menghisap udara lebih banyak dengan desain airbox besar.

Ini membuat udara dan bahan bakar lebih cepat sampai ke ruang bakar, yang berpengaruh terhadap performa mesin.

Dapur pacunya andalkan piston 62 mm dan langkah 41,2 mm, klaimnya memiliki tenaga maksimal sebesar 36 ps pada 12.500 rpm dan klaim torsi maksimal 22 Nm di 10.500 rpm.

Baca juga: Update harga Kawasaki W Series, Ada yang Tembus Rp 300 Juta!

Mesin 250 cc bertenaga besar.

Dilengkapi transmisi 6 percepatan dan ada assist & slipper clutch membuat tuas kopling menjadi ringan tapi tanpa gejala selip saat perpindahan gigi.

Begitu juga ketika momen engine brake, slipper clutch akan membuat prosesnya menjadi lebih halus dan dapat meminimalisir roda belakang mengunci.

Handling Ringan

Ninja 250 generasi ini memiliki banyak sekali ubahan, termasuk pada konstruksi rangka teralisnya yang cukup mempengaruhi pengendalian motor ini.

Meskipun memang suspensi depannya masih pakai tipe teleskopik dengan diameter as ø41 mm, karakter redamannya cukup nyaman dan masih mumpuni ketika diajak melahap tikungan cepat.

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Bersolek, Apa Saja yang Berubah?

Diameter cakram 310 mm punya performa rem jempolan.

Sedangkan suspensi belakang monoshock yang sisi atasnya bertumpu pada crankcase, monoshocknya dilengkapi dengan setelan preload yang bisa disesuaikan dengan bobot pengendara.

Stopping power dari Ninja 250 patut diacungi jempol, karakter remnya empuk dan sangat bisa menghentikan laju dengan ampuh.

Tentu karena penggunaan cakram bergelombang berdiameter jumbo ø310 mm, diapit kaliper 2 piston dan cakram berdiameter ø220 mm dengan kaliper 2 piston di belakang.

Meski tampilan gambot dan racy, tapi Ninja 250 punya posisi berkendara yang terbilang santai.

Baca juga: Kawasaki Akhirnya Jualan Motor Matic, Tampangnya Mirip Vario!

KIPASS bisa difungsikan untuk membuka kunci setang dan menyalakan kelistrikan

Ini karena segitiga berkendaranya membuat posisi badan pengendara masih tegap untuk sebuah motor sport fairing.

Hal tersebut karena posisi setangnya yang tergolong tinggi, sehingga tidak memberi beban lebih pada pergelangan tangan, lengan, juga pundak.

Begitu pula dengan posisi footstepnya yang tidak terlalu nangkring, kaki tidak dibuat terlalu menekuk jadi tidak cepat pegal selama perjalanan.

Smart Key System

Ini merupakan singkatan dari Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation Start System (KIPASS) atau biasa dikenal smart key system atau juga keyless.    

Baca juga: Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25RR 40th Anniversary, Layak Jadi Koleksi?

Tentu saja fitur ini cukup memudahkan penggunanya, karena tidak perlu memasukan anak kunci ke rumah kunci kontak untuk mengaktifkan motor.

Cukup membawa remot di dekat motor maka kunci setang dan juga kelistrikan bisa dinyalakan.

Hanya saja untuk membuka tangki bensinnya masih perlu anak kunci yang terdapat pada remot KIPASS, jadi belum full keyless nih.

Spesifikasi Kawasaki Ninja 250
Tipe mesin 4 langkah, 2 silinder segaris, DOHC 8 katup, pendingin cairan
Bore x stroke 62 x 41,2 mm
Kapasitas mesin 249 cc
Rasio kompresi 11,6:1
Tenaga maksimal 36 ps @12.500 rpm
Torsi maksimal 22 Nm @10.500 rpm
Transmisi 6 percepatan
Tipe rangka Trellis, high-tensile steel
Suspensi depan Teleskopik ø41 mm
Suspensi belakang Bottom-link uni trak, monoshock dengan preload
Ban depan 110/70-17M/C 54H
Ban belakang 140/70-17M/C 66H
Rem depan Kaliper 2 piston, cakram ø310 mm
Rem belakang Kaliper 2 piston, cakram ø220 mm
P x L x T 1.990 x 710 x 1.125 mm
1.990 x 710 x x 1.155 mm (ABS SE)
Jarak sumbu roda 1.370 mm
Jarak terendah ke tanah 145 mm
Tinggi jok 795 mm
Tangki bensin 14 liter
Berat isi 163 kg
166 kg (ABS SE)
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jad...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

MotoGP Indonesia 2024 akan berlansung di Sirkuit Mandalika Internasional Sempat terkendala Hosting Fee sebesar Rp231 miliar Sirkuit Mandalika Internasional, Nusa Tenggara Barat (NTB), siap kembali menghelat gelaran MotoGP Indonesia yang berlangsung akhir pekan ini, pada 27-29 September 2024. Di sirkuit ini, Francesco Bagnaia, Marc Marquez, Enea Bastianini, Jorge Martin, dan pembalap lainnya akan beradu cepat di lintasan yang memiliki panjang 4,3 kilometer dan 17 tikungan. Namun ditengah persiapa
Anjuran pabrikan ganti roller tiap 25-27 ribu kilometer. Jarang servis CVT bikin roller lebih cepat tergerus. Motor matic memanfaatkan gaya sentrifugal pada CVT (Continuously Variable Transmission) untuk mengatur rasio transmisi secara otomatis, gaya ini digerakan oleh banyak komponen salah satunya roller. Roller pada CVT bertugas untuk menekan pulley depan sehingga dapat mengubah rasio pada v-belt. Tentu ketika kondisi roller ini sudah tidak bagus maka akan mengganggu performa mesin, terutama a
Kandungan sulfur Pertamax tinggi. QJ Motor kenalkan 4 model langsung. Suzuki masih produksi motor di Indonesia. Informasi adanya motor asal Cina (mocin) yang akan resmi hadir di Indonesia jadi salah satu berita populer dikanal motor. Yup, pasalnya yang hadir bukanlah merek abal-abal, melainkan salah satu raksasa motor asal Cina, yakni QJ Motor. Lainnya ada informasi kandungan sulfur tinggi, yang membuat Pertamax masuk dalam kategori BBM kotor. Kemudian kehadiran motor listrik baru Polytron menya
Selisih 24 poin. Bagnaia gagal finish. Miller resmi gabung Pramac Yamaha. Balap MotoGP kembali berlangsung akhir pekan kemarin (21-22/9/2024) di Sirkuit San Marino, pada seri Emilia-Romagna. Jorge Martin kembali melebarkan jarak di pimpinan klasemen MotoGP 2024, dengan unggul 24 poin dari pesaing terdekatnya, Francesco Bagnaia. Pada balap hari Minggu, Martin berhasil finish kedua meski memimpin sepanjang balapan berlangsung. Adalah Enea Bastianini yang menjadi penjegalnya pada putaran terakhir,
Ada tiga pelumas Federal Oil terbaru. Diklaim bisa untuk motor matik dan manual dari Jepang. Oli atau pelumas jadi bagian vital yang ada pada sepeda motor, maka dari itu Federal Oil kembali menghadirkan tiga produk terbarunya. Produk oli tersebut yaitu Federal Matic 10W-30 0.65L, Federal Racing Matic 10W-30 0.8L, dan Federal Ultratec XX 10W-30 0,8L. Menurut Market Development General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), Rommy Averdy, 3 varian pelumas synthetic terbaru ini cocok dig

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja 250
Lihat