Kawasaki Ninja 250 bisa dibilang menjadi pelopor pasar motor 250 cc 2 silinder, yang pertama kali diperkenalkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pada tahun 2008 dengan harga Rp 48 jutaan.
Tentu saja dengan segala fitur dan juga performa yang ditawarkan, membuat Kawasaki Ninja 250 menjadi primadona pada masanya, terlebih belum banyak kompetitor yang bermain di segmen sport 250 cc 2 silinder.
Hingga akhirnya pada tahun 2020 secara resmi KMI meluncurkan Kawasaki Ninja ZX-25R yang mengejutkan, karena menghadirkan kembali sport fairing 250 cc bermesin 250 cc 4 silinder.
Meski begitu Ninja 250 2 silinder masih hadir hingga saat ini dan bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin memiliki sport fairing 250 cc 2 silinder.
Baca juga: Alasan Kawasaki Jualan Produk ATV, UV dan RUV di Indonesia
Kalau melihat di halaman resminya, Ninja 250 saat ini hadir dalam 2 pilihan tipe yang bisa dipilih.
Dan harganya ternyata bersinggungan dengan matic 250 cc ternama, yakni Yamaha XMax tuh. Penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!
Pertama yang paling terjangkau atau tipe basic dari Ninja 250 yang dibanderol Rp 68,4 juta on the road Jakarta.
Untuk model 2025, Ninja 250 ini hanya tersedia dalam pilihan warna Passion Red yang mana warna merahnya bisa dibilang cukup solid.
Kemudian hanya ditemani dengan striping minimalis pada fairing bertuliskan Ninja 250 dengan warna putih juga hitam.
Baca juga: Bukan Matic, Kawasaki Indonesia Justru Jual Kendaraan Roda Empat!
Sebagai pemanis, terdapat wheels sticker atau stiker pelek yang terpasang pada bibir pelek menggunakan warna putih sehingga tampilan rodanya tidak didominasi hitam.
Di atasnya terdapat varian Ninja 250 ABS SE dengan harga Rp 79,9 juta on the road Jakarta.
Tipe ini menggunakan warna Lime Green yang khas dengan merek Kawasaki, ditemani juga dengan striping memanjang kombinasi warna putih, kuning, juga hitam.
Perbedaan harga Rp 11,5 juta di antara keduanya membuat varian basic dan varian SE ini memiliki kelengkapan berbeda.
Baca juga: Masih Favorit, Harga Kawasaki KLX150 Series Mulai Rp 33 Jutaan!
Seperti sudah dibekali dengan pillion seat cover atau cover single seat pada jok pembonceng, DC outlet untuk mengisi daya smartphone.
Lalu large smoke windshield, frame sliders, special edition graphics, KIPASS master key system, dan tentu saja fitur ABS.
Selebihnya kedua tipe ini memiliki kelengkapan yang sama, seperti jantung pacunya yang menggunakan mesin 250 cc 2 silinder segaris, DOHC, pendingin cairan, dan 6 percepatan.
Kedua throttle body (TB) berdiameter 32 mm terpasang dengan posisi dongak atau downdraft menghisap udara lebih banyak dengan desain airbox besar.
Ini membuat udara dan bahan bakar lebih cepat sampai ke ruang bakar, yang berpengaruh terhadap performa mesin.
Dapur pacunya andalkan piston 62 mm dan langkah 41,2 mm, klaimnya memiliki tenaga maksimal sebesar 36 ps pada 12.500 rpm dan klaim torsi maksimal 22 Nm di 10.500 rpm.
Baca juga: Update harga Kawasaki W Series, Ada yang Tembus Rp 300 Juta!
Dilengkapi transmisi 6 percepatan dan ada assist & slipper clutch membuat tuas kopling menjadi ringan tapi tanpa gejala selip saat perpindahan gigi.
Begitu juga ketika momen engine brake, slipper clutch akan membuat prosesnya menjadi lebih halus dan dapat meminimalisir roda belakang mengunci.
Ninja 250 generasi ini memiliki banyak sekali ubahan, termasuk pada konstruksi rangka teralisnya yang cukup mempengaruhi pengendalian motor ini.
Meskipun memang suspensi depannya masih pakai tipe teleskopik dengan diameter as ø41 mm, karakter redamannya cukup nyaman dan masih mumpuni ketika diajak melahap tikungan cepat.
Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Bersolek, Apa Saja yang Berubah?
Sedangkan suspensi belakang monoshock yang sisi atasnya bertumpu pada crankcase, monoshocknya dilengkapi dengan setelan preload yang bisa disesuaikan dengan bobot pengendara.
Stopping power dari Ninja 250 patut diacungi jempol, karakter remnya empuk dan sangat bisa menghentikan laju dengan ampuh.
Tentu karena penggunaan cakram bergelombang berdiameter jumbo ø310 mm, diapit kaliper 2 piston dan cakram berdiameter ø220 mm dengan kaliper 2 piston di belakang.
Meski tampilan gambot dan racy, tapi Ninja 250 punya posisi berkendara yang terbilang santai.
Baca juga: Kawasaki Akhirnya Jualan Motor Matic, Tampangnya Mirip Vario!
Ini karena segitiga berkendaranya membuat posisi badan pengendara masih tegap untuk sebuah motor sport fairing.
Hal tersebut karena posisi setangnya yang tergolong tinggi, sehingga tidak memberi beban lebih pada pergelangan tangan, lengan, juga pundak.
Begitu pula dengan posisi footstepnya yang tidak terlalu nangkring, kaki tidak dibuat terlalu menekuk jadi tidak cepat pegal selama perjalanan.
Ini merupakan singkatan dari Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation Start System (KIPASS) atau biasa dikenal smart key system atau juga keyless.
Baca juga: Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25RR 40th Anniversary, Layak Jadi Koleksi?
Tentu saja fitur ini cukup memudahkan penggunanya, karena tidak perlu memasukan anak kunci ke rumah kunci kontak untuk mengaktifkan motor.
Cukup membawa remot di dekat motor maka kunci setang dan juga kelistrikan bisa dinyalakan.
Hanya saja untuk membuka tangki bensinnya masih perlu anak kunci yang terdapat pada remot KIPASS, jadi belum full keyless nih.
Spesifikasi Kawasaki Ninja 250 | |||
---|---|---|---|
Tipe mesin | 4 langkah, 2 silinder segaris, DOHC 8 katup, pendingin cairan | ||
Bore x stroke | 62 x 41,2 mm | ||
Kapasitas mesin | 249 cc | ||
Rasio kompresi | 11,6:1 | ||
Tenaga maksimal | 36 ps @12.500 rpm | ||
Torsi maksimal | 22 Nm @10.500 rpm | ||
Transmisi | 6 percepatan | ||
Tipe rangka | Trellis, high-tensile steel | ||
Suspensi depan | Teleskopik ø41 mm | ||
Suspensi belakang | Bottom-link uni trak, monoshock dengan preload | ||
Ban depan | 110/70-17M/C 54H | ||
Ban belakang | 140/70-17M/C 66H | ||
Rem depan | Kaliper 2 piston, cakram ø310 mm | ||
Rem belakang | Kaliper 2 piston, cakram ø220 mm | ||
P x L x T | 1.990 x 710 x 1.125 mm | ||
1.990 x 710 x x 1.155 mm (ABS SE) | |||
Jarak sumbu roda | 1.370 mm | ||
Jarak terendah ke tanah | 145 mm | ||
Tinggi jok | 795 mm | ||
Tangki bensin | 14 liter | ||
Berat isi | 163 kg | ||
166 kg (ABS SE) |