Polytron Fox 500 kini menjadi motor listrik premium dari Polytron EV dengan harga jual Rp 43 juta on the road Jabodetabek.
Fox 500 disematkan beberapa fitur premium seperti sistem smart key atau keyless, cruise control, lampu full LED, regenerative braking, hingga baterai yang sudah kompatibel dengan sistem pengisian cepat.
Secara dimensi motor ini memang cukup gambot, memiliki panjang 2.190 mm dengan lebar 770 mm dan tinggi 1.280 mm.
Sebagai gambaran, kalau dilihat data spesifikasinya dimensi Fox 500 ini hampir sebanding jika disejajarkan dengan Yamaha XMax.
Baca juga: Adu Motor Listrik Honda ICON e: dan Polytron Fox R, Mana Unggul?
Tim AutoFun Indonesia pun berkesempatan menjajal Fox 500 untuk pertama kalinya yang berlangsung di area test ride IMOS 2024 lalu.
Meski area test ride tidak terlalu besar untuk motor ini tapi paling tidak bisa merasakan sensasi berkendaranya.
Belum ada data resmi soal tinggi jok Fox 500, ketika coba duduk ternyata dimensi jok ini cukup lebar juga panjang dengan lumbar support.
Persis seperti motor matic bensin 250 cc seperti Yamaha XMax atau Honda Forza 250, tapi ini versi motor listrik.
Namun karena cukup lebar membuat postur pengendara 170 cm perlu jinjit ketika kedua kaki turun.
Kalau hanya satu kaki yang turun bisa diakali dengan sedikit menggeser bokong agar bisa lebih menapak.
Busa joknya cukup tebal dengan karakter cukup lunak, harusnya bisa memberikan rasa nyaman selama berkendara nih.
Baca juga: Polytron Beri Subsidi dan Gratis Sewa Baterai Motor Listrik Setahun! Segini Harganya
Kaki pengendara diberi pilihan untuk posisi normal dengan sudut pijakan datar, bisa juga sedikit meluruskan kaki dengan memposisikan kaki di pijakan yang lebih miring, tapi memang kaki belum bisa selonjoran sempurna nih.
Posisi setangnya terasa cukup tinggi namun tidak terlalu lebar, sehingga tidak terlalu membebani lengan dan pundak selama berkendara, posisinya pun membuat badan atas pengendara terasa santai.
Punya dimensi seperti motor matic bensin 250 cc, namun rasanya Fox 500 ini punya bobot yang sedikit lebih berat, sayangnya belum ada data resmi mengenai bobot motor listrik ini.
Hal tersebut terasa ketika memposisikan parkir motor ini, ditambah pula dengan steering lock Fox 500 yang termasuk lebar membuatnya semakin sulit ketika parkir atau putar balik.
Baca juga: Setara XMax dan Forza, Ini 7 Daya Tarik Polytron Fox 500
Ini karena membuat radius putarnya menjadi cukup lebar, untuk yang pertama kali mencicipinya pasti sedikit kagok dengan hal ini.
Ketika diajak berkendara santai di area tes tidak ada masalah berarti, rem depan dan belakang terasa pakem karena sudah menggunakan tipe hydraulic yang mengapit cakram cukup lebar.
Rasa yang kurang nyaman justru ketika melewati simulasi polisi tidur, suspensi depannya punya karakter yang kurang lembut.
Cenderung keras yang membuat hentakan ke badan saat melewati polisi tidur begitu terasa, berbanding jauh dengan suspensi belakang monoshock-nya yang begitu lembut.
Baca juga: Dilepas Rp 40 Jutaan, Spesifikasi Polytron Fox 500 Bikin Ngiler!
Oiya lingkar roda Fox 500 lebih besar jika dibandingkan dengan Fox R dan Fox S, karena Fox 500 menggunakan lingkar roda 14 inci yang dibalut dengan ban 110/70-14 depan dan 140/60-14 belakang.
Penasaran banget nih gimana rasa handling juga suspensinya kalau melewati kondisi jalan yang sebenarnya!
Yang gak ketinggalan tentu saja mencicipi performa motor listrik ini, menggunakan BLDC mid drive yang diteruskan ke roda belakang menggunakan belt.
Tenaga maksimalnya mencapai 14.700 watt, namun tenaga rata-rata berada di angka 5.000 watt dengan kecepatan maksimal mencapai 130 km/jam.
Baca juga: Gandeng Darbotz, Polytron Fox-R ini Jadi Semakin Indonesia Banget!
Untuk menyesuaikan karakter jalan dan pengendaranya, terdapat 3 pilihan mode berkendara seperti Eco, Drive, dan Sport.
Karena area pengetesan yang sempit, pengujian performa Polytron Fox 500 jadi tidak bisa maksimal nih, hanya bisa merasakan cruising santai saja.
Perbedaan dari mode berkendara ternyata lebih ke putaran tengah hingga atas saja, sedangkan putaran bawah atau bukaan gas awal tetap terasa smooth.
Tentunya ini membuat motor ini jadi terasa bersahabat dan nyaman untuk digunakan berkendara santai, karena bukaan gas yang tidak menghentak sehingga aman untuk pengendara.
Baca juga: Motor Listrik Polytron Unjuk Gigi, Dipakai Drag Race dan Freestyle!
Asyiknya Polytron membiarkan pengendaranya untuk bisa menekan rem sambil membuka gas.
Pasalnya hal ini memang dibutuhkan salah satunya untuk menyeimbangkan motor, bahkan juga sangat berguna ketika berhenti dan akan memulai jalan di kondisi menanjak.
Namun kondisi gas sambil rem ini maksimalnya hanya bisa dilakukan di kecepatan 15 km/jam, tentu saja ini berkaitan dengan keamanan dari kondisi BLDC, controller, juga sistem rem agar tidak mudah panas.
Motor listrik ini dilengkapi juga dengan fitur cruise control, sayangnya karena layout area tes yang sempit tentu tidak memungkinkan untuk mencoba fitur ini.
Punya dimensi yang cukup gambot, membuat motor ini memiliki ruang penyimpanan cukup lega.
Baca juga: Berkat 15.000 Motor Listrik Polytron, 701.255 Kg Emisi Karbon Berhasil Dikurangi
Seperti di sisi depan terdapat 2 ruang penyimpanan yang dilengkapi penutup, dimensi keduanya cukup dalam dan laci sebelah kiri sudah dilengkapi dengan power charger bersoket USB Type-A.
Ruang penyimpanan lebih besar berada di bawah joknya, kurang lebih mirip seperti XMax yang bisa menyimpan 2 buah helm.
Besarnya ruang bagasi ini karena posisi baterai Fox 500 berada di sisi tengah, tepat di antara kedua kaki pengendara.
Baterai berkapasitas 3,89 kWh atau 72V 54Ah, motor ini klaimnya mampu menempuh jarak hingga 130 km dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam.
Baca juga: Polytron EV Gandeng PLN, Perbanyak Lokasi Charging Kendaraan Listrik
Waktu pengisian baterai penuh hanya membutuhkan 4-5 jam, enaknya melakukan pengisian baterai ini di malam hari sambil ditinggal tidur, tenang aja ketika kapasitas baterai penuh maka charger akan berhenti melakukan pengisian daya kok.
Sama seperti tipe motor Polytron lainnya, Fox 500 juga menganut sistem sewa baterai untuk meringankan biaya akuisisi motor seharga Rp 200 ribu perbulan untuk garansi baterai seumur hidup.
Dengan begitu pemiliknya gak perlu memikirkan biaya ganti baterai ketika performanya mulai menurun, pasalnya baterai Fox 500 ini kurang lebih punya harga Rp 18 juta.
Semoga bisa segera mendapatkan unit tesnya nih, biar bisa uji Fox 500 lebih dalam lagi di kondisi sebenarnya!
Spesifikasi Polytron Fox 500 | ||
---|---|---|
Jarak Tempuh | 130 km (pada kecepatan rata-rata 40 km/jam) | |
Tenaga Motor | 5.000 watt | |
Kecepatan Maksimal | 130 km/jam | |
Kapasitas Baterai | 3,89 kWh (72V 54Ah) | |
Waktu Pengisian Daya | (0-100%): 4-5 jam | |
P x L x T | 2.190 x 770 x 1.280 mm | |
Ban Depan | 110/70 - 14 | |
Ban Belakang | 140/60 - 14 | |
Garansi | 1 Tahun Dinamo & Controller (ECU) |