Sport Model | 147.3 cc Kapasitas | - hp Tenaga Maksimal | Listrik Opsi start |
Suzuki GSX R150 2024 - 2025 ditawarkan dalam 3 varian - mulai Rp 31,00 Juta hingga Rp 36,50 Juta , varian entry levelnya yaitu 2021 Suzuki GSX R150 Shuttered Key Rp 31,00 Juta dan varian tertingi Suzuki GSX R150 yaitu 2021 Suzuki GSX R150 ABS ditawarkan dengan harga Rp 36,50 Juta.
Model | Sport |
Kapasitas | 147.3 cc |
Tenaga Maksimal | - hp |
Opsi start | Listrik |
Panel Instrumen | Y |
ABS | Tidak / Y |
Edisi MotoGP yang menampilkan corak balap baru
Fitur lampu depan LED dan pengapian tanpa kunci
Konsol instrumen semuanya digital
Harga GSX-R150 sangat terjangkau dibandingkan kompetitor (Yamaha All New R15 dan Honda CBR150R)
Sudah dibekali Smart Key System
Performa mesin sangat Power Full
Tenaganya lebih rendah dari pesaing Yamaha
Kursi belakang yang kurang nyaman
Minim fitur berkendara
Kapasitas tangki lebih kecil dibanding rivalnya
Suzuki terbilang terlambat untuk ikut bersaing lagi di kelas motor sport 150 cc full fairing, setelah penjualan FXR 150 dihentikan. Sebelumnya, sudah ada Honda dengan CBR150R dan Yamaha All New YZF-R15.
Untuk itu, lahirlah motor sport Suzuki GSX-R150 pada tahun 2017. Peluncurannya sangat istimewa, karena dihadiri juga oleh pebalap Team Suzuki Ecstar MotoGP 2017, yakni Andrea Iannone dan Alex Rins.
Suzuki GSX-R150 menjadi keluarga GSX series paling kecil di Indonesia. Saat pertama meluncur, motor sport 150 cc ini belum dilengkapi dengan teknologi Anti-lock Braking System (ABS) pada sistem pengeremannya.
Baru pada tahun 2018, Suzuki merilis GSX-R150 dengan teknologi ABS. Sehingga, meningkatkan keselamatan berkendara di jalan raya.
Sejak saat itu hingga sekarang, belum ada peningkatan lainnya yang diberikan pada Suzuki GSX-R150. Suzuki hanya melakukan penyegaran dengan memberikan pilihan warna baru saja.
Suzuki GSX-R150 dilengkapi dengan posisi berkendara yang sangat agresif. Sepeda ini memiliki cat warna biru & perak, dan juga adanya pengaturan pencahayaan semua LED. Ini didukung oleh mesin 150cc, injeksi bahan bakar.
Sejauh ini Suzuki GSX-R150 tersedia dalam 5 pilihan warna, yaitu: Daytona Yellow (Kuning), Brilliant White (Putih), Triton Blue (Biru), Titan Black (Hitam), Red (Merah). Selain itu, Harga Suzuki GSX-R150 dibedakan berdasarkan tipenya. GSX-R150 ABS dibanderol Rp34,6 juta, GSX-R150 Keyless Ignition System dibanderol Rp31,6 juta, dan GSX-R150 Shuttered Key sekitar Rp30,6 juta.
Suzuki GSX-R150 2021 memiliki fitur yang menarik. Motor ini jadi satu-satunya motor sport 150 cc yang dilengkapi dengan teknologi keyless atau disebut Keyless Ignition System.
Panel meternya juga sudah full digital dengan informasi yang ditampilkan cukup lengkap. Sistem pencahayaan untuk lampu depan sudah berteknologi LED yang dapat memaksimalkan pandangan saat berkendara di malam hari.
Pada sistem pengeremannya, sudah terdapat pilihan teknologi Anti-lock Braking System (ABS). Fitur ABS yang disematkan sudah dual channel, jadi berfungsi pada rem depan dan rem belakang.
Suzuki GSX-R150 2021 juga dilengkapi dengan fitur Easy Start System yang membuat mesin semakin mudah dihidupkan hanya dengan sekali pencet tombol starter. Terdapat juga lampu hazard yang dapat memberikan isyarat dalam keadaan darurat.
Suzuki GSX-R150 2021 hadir dengan tiga tipe, yakni standar dengan Shuttered Key System, Keyless Ignition System, dan ABS (Keyless Ignition System). Tersedia empat pilihan warna, mulai dari Stronger Red-Titan Black, Titan Black, Titan Black-Daytona Yellow, dan Solarize Silver-Metallic Tritone Blue.
Untuk tipe Shuttered Key System, dibanderol Rp 30,6 juta. Sedangkan tipe Keyless Ignition System, harganya Rp 31,6 juta. Lalu tipe ABS, dipasarkan dengan harga Rp 34,6 juta (on the road Jakarta).
Tampilan Suzuki GSX-R150 2021 sangat sporty dan racy dengan bodi yang ramping. Meskipun, desainnya berbeda dengan Suzuki GSX-R400, GSX-R600, atau GSX-R1000. Desain lampu depannya juga berbeda, dibuat ramping dengan bagian bawahnya meruncing. Tapi, tidak terintegrasi dengan lampu sein. Lampu sein ditempatkan di fairing samping kanan dan kiri. Tempat duduk atau joknya dibuat dengan model terpisah antara pengendara dengan penumpang. Sehingga, tampilannya jadi terlihat sangat sporty.
Suzuki GSX-R150 2021 memiliki panjang 2.020 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.075 mm. Jarak sumbu rodanya 1.300 mm dan jarak terendah ke tanah 160 mm. Tinggi tempat duduknya mencapai 785 mm dengan berat kosong hanya 131 kg. Untuk suspensinya, Suzuki GSX-R150 2021 masih mengandalkan suspensi depan model teleskopik. Sedangkan suspensi belakang, menggunakan monoshock. Di bagian roda, Suzuki GSX-R150 menggunakan ban depan berukuran 90/80-17. Sementara untuk ban belakangnya, menggunakan ukuran 130/70-17.
Fairing depan adalah desain teknik aerodinamis lengkap, yang dengan mudah menghindari tekanan angin yang berlawanan. Visor GSX R150 diatur miring dan lampu depan LED yang diproyeksikan terlihat menarik. Fairing penuh dan panel samping GSX R150 mendapat branding SUZUKI yang lebih besar, yang benar-benar menarik. GSX R150 juga tersedia dengan warna bodi polos dengan logo R - GSX besar mirip GSX R1000.
Untuk bagian bodi samping dari spesifikasi Suzuki GSX R150 terlihat modern dengan lekukan yang tegas dan garis lembut yang menghias dari fairing hingga pada buritannya. Tampak kasual pada fairing sampingnya, GSX R150 menyerupai lampu depan Yamaha R25. Suzuki dengan cerdik berencana meluncurkan GSX R150 ketika Yamaha R15 V3 akan segera diluncurkan. GSX R150 dirancang untuk mendapatkan posisi sadel balap terbaik, dan terlihat sangat sporty. Jok split step up dan panel samping dipasang tinggi, memperkuat struktur balap secara utuh.
Dimensi Suzuki GSX-R150 2021 | |
Panjang x Lebar x Tinggi | 2.020 mm x 700 mm x 1.075 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1,300 mm |
Jarak Terendah ke Tanah | 160 mm |
Tinggi Jok | 785 mm |
Berat Kosong | 131 kg |
Sasis Suzuki GSX-R150 2021 | |
Suspensi Depan | Telescopic |
Suspensi Belakang | Swingarm |
Rem Depan | Disc (Petal) |
Rem Belakang | Disc (Petal) |
Roda Depan | 90/80-17(TL) |
Roda Belakang | 130/70-17 (TL) |
Velg | Cast |
Aki | MF |
Lampu Depan | LED |
Suzuki GSX-R150 menawarkan posisi berkendara layaknya pebalap. Sebab, posisi setangnya under yoke alias ditempatkan di bawah segitiga. Meski demikian, posisi badan tidak terlalu merunduk. Tangki bahan bakarnya yang dibuat ramping membuat paha nyaman untuk menjepitnya. Sehingga, motor jadi lebih mudah untuk diajak bermanuver.
Posisi kaki juga tidak terlalu menekuk. Posisi berkendara pada Suzuki GSX-R150 2021 ini masih sesuai dengan karakter motor sport pada umumnya.Tinggi tempat duduk yang mencapai 785 mm juga cukup bersahabat dengan postur tubuh orang Indonesia pada umumnya. Dengan bobot yang hanya 131 kg, membuat motor jadi tidak terlalu berat. Sehingga, pengendaranya lebih mudah menguasai motor.
Suzuki GSX-R150 edisi MotoGP 2020 bertumpu pada rangka twin-spar diamond dan dilengkapi tangki bahan bakar miring, jok bertingkat, knalpot naik, dan kaca depan yang ditinggikan. Motor ini juga mendapat cat biru dan perak ditambah dengan grafis yang terinspirasi dari motor Suzuki GSX-RR MotoGP. Sepeda motor ini mengemas konsol instrumen digital dan pengaturan pencahayaan semua-LED. Suzuki GSX R150 menggunakan velg 17 inci yang dihitamkan.
GSX-R150 bertenaga dan menanamkan ergonomi yang efisien, selain menawarkan kemampuan berkendara yang luar biasa. Semua karakteristik ini menjadikannya pesaing yang kuat dari Yamaha YZF-R15 dan Honda CBR150R yang sudah ada. Dengan harga yang setara dengan Honda, ini adalah alternatif yang terjangkau untuk model Yamaha.
Suzuki GSX-R150 MotoGP edisi 2020 ditenagai oleh mesin DOHC 150cc, injeksi bahan bakar, yang menghasilkan tenaga 18.6hp pada 10.500rpm dan torsi puncak 14Nm pada 9.000rpm yang dengan mudah menggerakkan mesin ringan baik itu di trek balap atau dalam perjalanan ke kantor / sekolah. Pabrik ini dikawinkan dengan gearbox 6 kecepatan. Ini juga mendapat pengapian tanpa kunci dan sistem yang mudah dimulai.
Dengan adanya mesin tersebut tentu saja akan mampu menghasilkan tenaga yang sangat besar dan mampu membuat laju Suzuki GSX R150 ini menjadi lebih gesit. Sedangkan untuk transmisinya, terdapat gearbox tipe return 6 percepatan yang mulus pada saat naik dan turun. Selain memiliki performa mesinyang gahar, motor in ini juga diklaim akan irit bahan bakar, karena menggunakan sistem bahan bakar FI yang membuat konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih irit dan efisien.
Mesin Suzuki GSX R150 | |
Jenis Mesin | Water-cooled, 4-stroke |
Sistem Katup | DOHC 4-valve |
Diameter x Langkah | 62.0 x 48.8 mm |
Jumlah Silinder | 1-cylinder |
Ratio Kompresi | 11.5 : 1 |
Tenaga Maksimum | 19,1 PS / 10,500 rpm |
Torsi Maksimum | 14.0 Nm / 9,000 rpm |
Sistem Pengapian | FI |
Sistem Starter | Electric |
Transmisi | 6-speed, return |
Kapasitas Tangki | 11 liter |
Untuk system pengeremannya, kedua roda pada motor ini diberikan rem cakram bagian depan dan belakang, bagian depannya memiliki piringan cakram yang lebih luas dari bagian belakang. Karena ini adalah motor sport, jadi tenaga pengereman sangat penting sekaligus progresif patut untuk diperhatikan, itu membuat pengemudi Suzuki GSX R150 ini akan lebih mudah dalam mengontrol laju kecepatan dari motor sport ini.
Roda motor ini memiliki ban tebal (90 mm depan dan 130 mm untuk belakang) yang memiliki tapak yang baik dan memanjakan pengendara dengan grip jalan yang baik. Untuk memastikan keselamatan pengendara, Suzuki GSX-R150 edisi MotoGP 2020 dilengkapi dengan rem cakram pada roda depan dan belakang serta Bosch ABS, untuk meningkatkan handling di jalan raya. Sementara itu, tugas suspensi pada motor ini diurus oleh garpu teleskopik di sisi depan, dan unit mono-shock di bagian belakang.
Penampilan dan kecepatan adalah dua hal terpenting dari GSX - R150. Selain itu handling motor ini sangat baik karena komparatif lebih ringan dan rem cakram ganda meski kurang nyaman untuk sport bike karena sangat cocok untuk kalangan menengah dan pembonceng akan kesulitan mengendarainya. Karena merek Jepang berperingkat teratas, nilai jualnya kembali akan sangat baik dan juga salah satu perusahaan paling tepercaya di dunia. Motor sport suzuki ini memang sangat cocok untuk digunakan bagi mereka yang mengutamakan motor dengan performa yang gahar dan ingin menikmati berbagai fitur yang tersedia dengan harga yang sangat terjangkau.
Konsumsi bahan bakar standar 2021 Suzuki GSX R150 Keyless Ignition System adalah 2.60 L/100km, Konsumsi bahan bakar standar 2021 Suzuki GSX R150 ABS adalah 2.60 L/100km, danKonsumsi bahan bakar standar 2021 Suzuki GSX R150 Shuttered Key adalah 2.60 L/100km.
Jenis Bahan Bakar | Transmisi | Konsumsi BBM |
---|---|---|
Petrol(147.3cc) | Manual | 2.60 L/100km |
Titan Black
Ya, Suzuki GSX R150 dilengkapi Busi per silinder, varian yang dilengkapi adalah Suzuki GSX R150 ABS, Suzuki GSX R150 Keyless Ignition System, Suzuki GSX R150 Shuttered Key.
Ya, Suzuki GSX R150 dilengkapi Panel Instrumen, varian yang dilengkapi adalah Suzuki GSX R150 ABS, Suzuki GSX R150 Keyless Ignition System, Suzuki GSX R150 Shuttered Key.
Ya, Suzuki GSX R150 dilengkapi Katup Per Silinder, varian yang dilengkapi adalah Suzuki GSX R150 ABS, Suzuki GSX R150 Keyless Ignition System, Suzuki GSX R150 Shuttered Key.