[Otopedia AutoFun] Airbag atau Supplementary Restraint System merupakan fitur keamanan untuk menlindungi penumpang saatdalam tabrakan atau benturan. Ketika mobil tertabrak, airbag akan mengembang dan menghindari kepala dan tubuh penumpang tertabrak oleh benda keras. Saat ini, penyematan airbag telah diwajibkan oleh pemerintah sebagai fitur keamanan pasif.
Pilot/Copilot airbag merupakan fitur keselamatan pasif yang biasanya terpasang di posisi depan setir dan posisi atas glove-box dengan tujuan menjaga keamanan pengemudi/penumpang yang duduk di garis depan.
Prinsip kerja airbag
Secara umum, prinsip kerja airbag mengandalkan kerja sama sensor airbag, modul kontrol dan berbagai "peledak".
Modul kontrol berupa komputer kecil untuk menerima data benturan dari sensor airbag, kemudian sinyal akan dikirimkan ke pemicu perangkat listrik.
Ketika arus listrik mengalir, "peledak" yaitu propelan airbag yang terdiri dari zat azida natrium terbakar. Pembakaran zat itu menghasilkan gas nitrogen yang memicu airbag mengembang.
Menurut statistik, sebagian besar tabrakan dalam kecelakaan tak termasuk sangat keras, sementara itu, energi yang dilepaskan airbag saat mengembang sangat besar. Untuk menghindari terlukanya penumpang waktu ledakan airbag, perusahaan TRW mengembangkan airbag dengan sebuah generator gas sekunder yang sangat aman. Airbag ini telah banyak disematkan pada mobil saat ini.
Banyak orang masih belum kehabisan mengenakan sabuk pengaman, sebenarnya ini sangat berbahaya karena penumpang tanpa perlindungan kemungkinan mengalami cedera yang lebih serius saat airbag mengembang.
Sejarah airbag
Kantung udara atau bisa disebut dengan airbag pertama kali ditemukan tahun 1951 oleh Walter Linderer dari Jerman dan John Hedrik dari Amerika. Hasil penelitian mereka - Supplementary Restraint System (SRS) dikeluarkan pada tahun 1953.
Pada tahun 1964, insinyur otomotif Jepang Yasuzaburou Kobori mengembangkan sistem "jaring aman" airbag. Desainnya menggunakan bahan peledak sebagai propelan ledakan airbag.
Pada tahun 1971, Perusahaan mobil Ford mulai bereksperimen dengan airbag dan menggunakannya sejak tahun 1973, diikuti perusahaan mobil lainnya. Kemudian pada tahun 1998 airbag menjadi keharusan di Amerika.
PERHATIAN
1. Penumpang harus mengenakan sabuk pengaman saat airbag mengembang.
2. Menjaga jarak yang tertentu dari posisi airbag.
3. Jangan menempatkan barang-barang di samping airbag karena barang ini akan menghambat pengembangan airbag atau dilemparkan saat airbag mengembang.
4. Jangan mengubah konfigurasi sistem airbag,jalur & modul perangkat, dan struktur bumper & bagian depan mobil tanpa instruksi professional.
5. Airbag adalah produk sekali pakai,pengguna mobil harus mengganti airbag yang baru ke bengkel kalau airbag lama telah mengambang.
6. Anak tak dibolehkan duduk di posisi co-pilot dalam mobil dengan co-pilot airbag karena ledakan airbag kemungkinan akan bikin anak terluka.