[Otopedia AutoFun] Ukuran kompartemen bagasi bisa menjadi pengukur kemampuan sebuah mobil memuat barang. Untuk hatchback atau SUV, jok belakang dapat dilipat untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar, jadi biasanya angka volumenya berada di antara dua nilai (seperti 385-1245L). Meski jok belakang beberapa mobil sedan juga bisa dilipat, namun karena desain bentuk bodinya, ruang belakang sedan tidak bisa sebesar hatchback, sehingga angka datanya hanya volume kompartemen bagasi. Beberapa kendaraan convertible hard-top memiliki atap lipat yang menempati sebagian ruang kompartemen bagasi setelah disimpan, sehingga volume kompartemen bagasi biasanya berada di antara dua nilai tadi.
Mungkin banyak orang yang belum mengetahui tentang ukuran volume kompartemen bagasi, biasanya masih melalui observasi kompartemen untuk mengetahui kepraktisannya. Tetapi bagaimana pabrikan mengukur volume kompartemen bagasi yang ditunjukkan dalam tabel konfigurasi parameter? Silahkan baca yang berikut ini.
Standar Pengukuran Volume Bagasi
Saat ini terdapat dua standar utama untuk mengukur volume bagasi. Salah satunya adalah standar VDA (German Automotive Industry Association) 70020-1 yang biasa digunakan di Eropa. Standar ini setara dengan standar DIN (German Institute for Standardization) dalam hal konten dan detail Standar ISO 3832-2002 yang diterima secara internasional ini disusun oleh DIN, sehingga juga setara dengan standar VDA. "Metode Pengukuran Volume Standar Kompartemen Koper Mobil Penumpang GB / T 19514-2004" (selanjutnya disebut sebagai "Standar GB") juga setara dengan standar ISO3832-2002. Oleh karena itu, keempat standar di atas sebenarnya adalah sejenis.
Standar di atas dalam satuan metrik, dan satuan volume adalah desimeter kubik (liter). Terdapat 5 balok ukur standar, yaitu 1 liter, 4 liter (3 spesifikasi) dan 8 liter. Blok ukur digunakan untuk pengukuran yang mewakili The volume maksimum kompartemen bagasi digunakan untuk mengisi kompartemen bagasi, tetapi penumpukan balok pengukur tidak dapat mempengaruhi pembukaan dan penutupan pintu kompartemen bagasi.
Standar lain yang terutama digunakan adalah standar SAE J1100 yang dirumuskan oleh Society of Motor Vehicle Engineers, yang banyak digunakan di Amerika Utara. Standar SAE Amerika menggunakan inci dan kaki kubik sebagai satuannya. Ada 7 jenis blok pengukur referensi, dengan volume mulai dari 0,2 kaki kubik (5,63 liter) hingga 2,375 kaki kubik (67,47 liter). Dari segi metode pengukuran, kedua standar tersebut juga tidak sama, standar SAE memiliki batasan jumlah balok pengukur yang digunakan dan kondisi lainnya.
Karena metode pengujian dan unit berbeda, kendaraan yang sama yang menggunakan standar SAE atau standar VDA / ISO / GB akan menunjukkan hasil yang berbeda. Karena China menggunakan satuan metrik, sebagian besar pabrikan domestik juga mengadopsi standar VDA / ISO / GB.
Metode dan prosedur pengukuran Autohome dioperasikan sesuai dengan standar VDA / ISO / GB, dan alat ukur yang digunakan juga diterapkan secara ketat sesuai dengan standar tersebut. Mari kita lihat balok pengukur jenis apa yang kita gunakan.
Standar Spesifikasi Blok Pengukur | ||||
Tipe Blok Pengukur | Panjang/mm | Lebar/mm | Tinggi/mm | Volume/dm3 |
Tipe A | 400±1 | 200±1 | 100±1 | 8 |
Tipe B | 200±1 | 100±1 | 50±1 | 1 |
Tipe C1 | 200±1 | 200±1 | 100±1 | 4 |
Tipe C2 | 400±1 | 100±1 | 100±1 | 4 |
Tipe C3 | 400±1 | 200±1 | 50±1 | 4 |
Dalam pemilihan blok pengukur, kami memilih tipe 8 liter A dan 1 liter tipe B, karena ketiga tipe blok tipe C dapat diganti dengan tipe B dengan kombinasi yang berbeda dari segi panjang, lebar, dan tinggi. Karena Tipe B adalah blok pengukur terkecil dalam standar yang berlaku, blok ini dapat mengisi ketika ditemukan penyimpangan di bagasi dan celah yang ditinggalkan oleh blok pengukur Tipe A.
Beberapa pengukuran yang ditentukan oleh VDA
Mobil penumpang yang saat ini dijual terutama dibagi menjadi sedan, hatchback, station wagon, SUV, MPV, dll. Dikarenakan bagasi sedan memiliki tata letak ruang bagasi lebih fleksibel, VDA membagi pengukuran ruang bagasi menjadi tujuh jenis menurut perbedaan berbagai model. Mari kita lihat.
Singkatnya, biasanya untuk hatchback dengan penutup bagasi, yang berlaku adalah ketinggian muatan dari penutup bagasi belakang. Untuk hatchback tanpa penutup bagasi, ketinggian muatan didasarkan pada sandaran kursi baris terakhir (tidak termasuk sandaran kepala). Kedua metode pengukuran V214 dan V215 umumnya digunakan untuk kendaraan yang dilengkapi dengan jaring pemblokir bagasi, tetapi untuk banyak model tanpa jaring pemblokiran, beberapa produsen lebih bersedia menggunakan dua cara pengukuran dari V214 dan V215, karena kedua angka ini Lebih besar, sepertinya membuat orang merasa lebih fit.