Hatchback kompak terakhir dari Alfa Romeo yang memiliki nomor alih-alih nama diluncurkan pada tahun 2000 di Turin Motor Show. Itu adalah comeback sejati di segmen kompak, menggantikan 146. Sementara pendahulunya dibangun hanya selama lima tahun tetapi memiliki nomor yang berbeda untuk versi tiga atau lima pintu, 145 dan 146, 147 datang dengan nama yang sama untuk kedua versi. Tapi, seperti kakaknya yang lebih besar dan lebih tua, 156, itu menampilkan pegangan pintu tersembunyi yang bertopeng di pilar-C untuk pintu belakang. Styling adalah salah satu keunggulan terbaik dari 147. Desainnya, ditandatangani oleh Walter de Silva, menawarkan pendekatan baru ke kelas kompak dari pembuat mobil Italia. Permukaannya yang melengkung dan atap melengkung adalah bagian dari desain yang menarik yang menarik lebih banyak pelanggan untuk mobil. Di dalam, kursi ember wajib untuk merek sporty seperti Alfa Romeo. Cluster instrumen memiliki inspirasi balap, dengan tiga cluster bulat untuk speedometer, sistem informasi, dan tachometer. Tidak terlalu banyak ruang di belakang, karena kursi depan yang sangat tebal dan wheelbase pendek. Untuk sisi mesin, Alfa Romeo 147 menampilkan pilihan mesin bensin dan turbo-diesel dengan daya mulai dari 105 HP hingga 170 HP. Ada 3,2 liter v6 untuk versi GTA yang menawarkan 250 hp, tetapi itu hanya tersedia untuk versi 3 pintu. Penawaran transmisi standar adalah dengan manual 5 atau 6-speed, tergantung pada mesin. Gearbox 5 atau 6-kecepatan otomatis, bernama sewaan, ditawarkan untuk model tertentu.