Penyelenggara Montreal World Expo 1967 menugaskan Alfa Romeo untuk membangun mobil konsep untuk membayangkan masa depan mobil. Dan begitulah mobil itu lahir. Mobil konsep bahkan tidak memiliki nama tetapi semua orang membicarakannya sebagai "Montreal" sehingga pembuat mobil Italia menamainya Montreal. Mobil itu tidak pernah dijual di benua Amerika Utara karena standar emisi. Model produksi diperkenalkan ke pasar pada tahun 1970, di Geneva Motor Show. Itu dirancang oleh Marcelo Gandini, yang bekerja untuk Bertone Studio, hanya dalam dua bulan. Setelah pembuat mobil memutuskan untuk menjadikannya sebagai kendaraan produksi seri, beberapa bagian dimodifikasi untuk mematuhi aturan keselamatan Eropa dan salah satu dari mereka memengaruhi tutupnya di atas lampu depan. Desain keseluruhan dengan tudung panjang, kabin ramping, dan Liftgate Raked membantu mobil memperoleh koefisien aerodinamis yang sangat baik. Panel tubuh menampilkan lapisan seng fosfat dan elektro-deposisi dari bawah tanah sebelum lukisan semprotan akhir dengan tangan yang merupakan perawatan anti-korosi yang sangat efisien. Interior menampilkan dua kursi bucket di depan yang dipisahkan oleh terowongan transmisi tinggi dan konsol tengah di mana gear-stick dipasang. Ada sepasang kursi di belakang, tetapi dengan sangat sedikit ruang untuk orang dewasa. Cluster instrumen yang tidak biasa dianggap futuristik untuk era itu. Tapi itu idenya. Untuk drivetrain, Alfa Romeo memasang mesin V8 2,6 liter dikawinkan dengan gearbox 5-speed. Itu mengirim kekuatan ke roda belakang melalui perbandingan rasio terbatas 4,1: 1. Untuk sistem pengereman, ini menampilkan cakram berventilasi. Montreal memiliki distribusi berat 55:45.