Setelah diperkenalkannya Alfa Sprint pada tahun 1976, pada tahun 1983 pembuat mobil Italia mencoba meningkatkan mobil. Pembuat mobil Jerman mulai memulihkan dan meningkatkan pangsa pasarnya di segmen olahraga-kompak. Pada tahun 1983, Alfa Romeo Alfasud keluar dari jalur perakitan dan digantikan oleh Alfa 33. Karena itu, Sprint, yang mengandalkan platform Alfasud, harus diadaptasi untuk Alfa 33 yang berevolusi dan yang menyebabkan beberapa Modifikasi seperti memindahkan rem cakram depan dari inboard ke roda, sama seperti sebagian besar mobil di pasaran. Satu-satunya downside adalah bahwa rem belakang diganti dengan drum, bukan cakram yang dipasang pada model pra-facelifted. Bentuknya tetap sama yang dirancang oleh Giorgetto Giugiaro tetapi diperbarui dengan bumper plastik yang diperluas dengan celemek untuk yang depan. Ada desain grille baru, dengan lencana yang lebih kecil di bagian depan. Mirror tampilan belakang diubah untuk meningkatkan visibilitas. Di dalam, kursi ember rekaro standar-fit untuk Quadrifoglio Verde (Cloverleaf). Ada cluster instrumen baru dengan panggilan baru, tetapi informasi itu sama: speedometer di sebelah kiri, tachometer di sebelah kanan, dan di posisi tengah-tengah suhu pendingin dan tingkat bahan bakar. Enam lampu peringatan ditempatkan di antara dua pengukur. Dari sudut pandang teknis, peningkatan terbesar adalah untuk mesin, di mana versi QV 105 HP diperkenalkan. Mesin boxer menyebabkan pusat gravitasi rendah yang memastikan kecepatan menikung yang baik. Mantan manual empat kecepatan dibuang untuk 5-kecepatan. Unit 1,7 liter yang menawarkan 118 HP diperkenalkan pada tahun 1987, mengganti unit 105 HP.