Audi melakukan langkah berani di Pertunjukan Motor Frankfurt 2007 ketika meluncurkan generasi keempat A4. Krisis ekonomi dunia sudah dimulai dan sebagian besar pembuat mobil mulai merasakan efeknya. Sementara sebagian besar detail sudah diketahui, versi stasiun-wagon dari A4, bernama Avant, dirilis pada tahun berikutnya, pada 2008 Geneva Motor Show. Ini dimulai pada platform baru, berbagi dengan A5 sporty. Karena MLP baru (platform longitudinal modular) Audi A4 B8 menampilkan distribusi berat yang lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya, B7. Di depan, gril frame tunggal sudah diinstal dari AUDI A4 B7, tetapi secara visual ditingkatkan pada B8 dengan tampilan yang lebih berani. Lampu depan baru menampilkan teknologi LED untuk sistem lampu berjalan siang hari dengan garis seperti mutiara di dalam headlamp. Atap panjang dan d-pilar Raked membuat stasiun-wagon terlihat dinamis. Di dalam, karena wheelbase yang lebih panjang daripada pendahulunya, A4 Avant B8 menawarkan lebih banyak ruang kaki untuk penumpang belakang. Dan, berkat atapnya yang lebih panjang, lebih banyak ruang kepala. Dasbor halus dan melengkung, dengan unit infotainment di stack tengah. Itu dikendalikan melalui tombol rotary di konsol tengah. Audi membuat nama itu sendiri karena sistem quattro all-wheel-drive. Itu diinstal sebagai opsi untuk A4 Avant pada sebagian besar rentang engine sebagai opsi, atau standar untuk versi Sportier, S4,. Sebagian besar model dikawinkan dengan gearbox manual, tetapi otomatis tersedia sebagai opsi. Lebih banyak mesin diesel ditawarkan, meningkatkan efisiensi bahan bakar.