Generasi keempat dari BMW 5-Series diluncurkan pada tahun 2000 di Eropa dan pada tahun 2001 di A.S. Mobil itu dipuji oleh semua media di seluruh dunia, bahwa sulit untuk ditingkatkan. Seri E39 5 adalah sedan yang sukses untuk pembuat mobil Jerman. Itu tersedia dengan pilihan mesin yang luas, baik bensin, dan diesel. Itu tersedia sebagai sedan atau stasiun-wagon (bernama tur olahraga di Pasar A.S.). Versi M5 ditenagai oleh mesin V8 dan tetap seperti itu bahkan setelah facelift, atau impuls siklus hidup (LCI) sebagai BMW bernama facelift. Di luar, ada sedikit peningkatan atas pendahulunya. Grille adalah akumulasi dari M5, lampu depan lensa bening ditingkatkan dan bibir baru dipasang di bagian bawah spoiler depan. Fitur "Angel-Mata" ditingkatkan, untuk menunjukkan lingkaran terang-terangan bulat di dalam lampu depan. Di belakang, lampu belakang itu direvisi dan menerima LED. Di dalam mobil, ada perubahan kecil pada dashboard dan cluster instrumen. Sebuah pabrik pra-kabel untuk telepon tersedia dan, untuk level trim yang lebih tinggi, sistem suara premium tersedia. Peralatan Richer dipasang sebagai standar untuk model 6 silinder, sedangkan V8 4.4-liter adalah standar-pas dengan transmisi otomatis 5-percepatan pada pasar tertentu. Sebagian besar rentang engine disesuaikan dengan standar baru dan kinerja baru. Manual 5 kecepatan adalah standar untuk sebagian besar kisaran. M5 masih memiliki manual 6 kecepatan dan tidak ada opsi otomatis.