BMW 635 CSI adalah versi paling kuat dari generasi pertama dari Coupe 6 seri pada saat peluncurannya di pasar pada tahun 1979. Itu adalah coupe lebih cepat dan lebih nyaman daripada kendaraan GT lainnya di pasaran. Setelah BMW 3,0 C yang berhasil di awal tahun 70-an, perusahaan Jerman membutuhkan pengganti. Paul Braq merancang kendaraan baru berdasarkan pada platform yang sudah ada dari BMW 5-Series, yang memungkinkan penggunaan mesin 4 dan 6 silinder. Tetapi untuk coupe kinerja, BMW tidak ingin menggunakan inline-empat dan hanya memilih inline-enam unit. Meskipun itu dianggap versi dua-pintu dari seri 7, itu adalah campuran antara platform 5-seri dan isyarat desain 7-seri. Generasi pertama dari 7-series dan 6-series dirancang oleh tim yang sama dan itulah sebabnya mereka mirip dalam bentuk. Desain hidung hiu dan garis trunk turun serupa. Tetapi tidak seperti sedan eksekutif, 6 series menampilkan jendela tanpa bingkai untuk pintu dan hanya dua kursi di belakang. Dasbor menampilkan stack pusat yang dimiringkan ke arah pengemudi dan cluster instrumen menampilkan empat panggilan. Itu adalah tata letak yang sama disimpan oleh pembuat mobil Jerman selama lebih dari dua dekade: suhu pendingin, tachometer, speedometer, dan tingkat bahan bakar. Mesinnya adalah inline-enam 3,5 liter dengan rentang torsi yang luas yang membantu tarikan mobil di setiap gearbox 5-speed standar. Gear-stict yang dipasang adalah salah satu keunggulan utamanya dibandingkan kudeta mewah lainnya di pasaran. Itu tersedia dengan transmisi otomatis juga, bernama 635 CSI A.