M 535i adalah mobil jalan pertama yang diproduksi oleh BMW Motorsport GmbH dan diluncurkan pada tahun 1979 sebagai sedan berkinerja tinggi dan memulai kompetisi tenaga kuda. Sementara M1 diproduksi dalam jumlah terbatas untuk mempromosikan lencana baru dan akhirnya menjadi legenda, M 535i adalah sedan reguler dengan lebih banyak kekuatan daripada kendaraan produksi BMW lainnya. Itu jantung dari mobil balap, suspensi yang disetel dan beberapa peningkatan bodywork. 5-series pertama adalah bagian dari kisaran BMW sejak 1972, dan itu sudah menjadi pandangan umum di jalanan. Paul Bracq menandatangani desain mobil dan membayangkan bahwa fasia depan depan yang disapu membuat mobil terlihat seperti hiu. Tetapi ketika dia harus menyesuaikan versi M, dia menambahkan celemek dengan ventilasi di bawah bumper. Dari sisinya, M 535i memakai serangkaian roda magnesium, unik untuk versi itu. Di belakang, pembuat mobil menambahkan spoiler bibir di bagasi untuk membuat beberapa downforce di gandar belakang. Di dalam, Motorsport GmbH memasang kursi ember olahraga yang disediakan oleh Recaro dengan penguat tinggi untuk penumpang depan. Dasbor mirip dengan sisa kisaran, dengan miring ke tumpukan pusat driver dan jam di atasnya. Di dalam cluster instrumen, M 535i mengkoreksi dial lebar untuk tachometer dan speedometer dan dua pengukur yang lebih kecil untuk tingkat bahan bakar dan suhu pendingin. Tetapi transformasi sebenarnya berlangsung tersembunyi di bawah bodywork. Pembuat mobil memasang mesin 3.5 liter, inline-enam yang menghasilkan 218 HP berkat sistem injeksinya. Itu dipasangkan sebagai standar untuk manual lima kecepatan. Suspensi dikuatkan untuk memastikan kecepatan sudut yang lebih tinggi daripada saudara kandungnya. BMW hanya menghasilkan 1400 unit antara tahun 1979 dan 1981.