Pada 2014, BMW datang dengan generasi ketiga SUV revolusioner yang memegang mahkota untuk penjualan di segmennya. Mempertimbangkan ini, itu harus selangkah lebih maju dari kompetisi. Di saat-saat ketika semua kendaraan 4x4 berbasis besar dan sasis, BMW mengambil kesempatan ketika memiliki merek Land Rover dan, dengan pengetahuan mereka, para insinyur BMW membangun SUV tanpa transfer, tanpa gigi rendah dan dengan Konstruksi Unibody, tidak seperti saingan utamanya yang membangun generasi pertama ML pada tangga sasis. Tampilan X5 2014 jelas merupakan BMW. Kisi-kisi-ginjal di bagian depan lebih besar dari sebelumnya, dan mereka diperpanjang dari satu lampu ke yang lain. Ini menampilkan lampu depan LED adaptif opsional, diidentifikasi oleh sumber cahaya horizontal di tengah cincin cahaya. Untuk X5 5.0i dan X5 M50D, lampu depan Xenon standar. Di dalam, posisi tempat duduk yang tinggi memungkinkan konstruktor untuk merancang interior yang sangat lapang. Itu adalah kendaraan 5-kursi yang benar-benar unit infotainment memiliki tampilan warna 10,25 ", dikontrol melalui tombol rotary idrive standar dari konsol tengah. Ada beberapa opsi untuk itu, dan satu memiliki sentuh-pad di atas kenop untuk menulis nama atau nomor alamat untuk sistem navigasi. Untuk pertama kalinya, X5 tersedia dengan mesin kecil, 2.0 liter dan hanya dengan roda belakang. Tetapi pemain top memiliki lebih dari 400 hp dan banyak torsi untuk dihadapi. Transmisi standar adalah otomatis 8 kecepatan. X5 juga memiliki versi hybrid plug-in.