Pada tahun 1989, Citroen menyegarkan kisaran BX, baik hatchback dan station-wagon, yang dinamai istirahat. BX diperkenalkan pada tahun 1982 dan diterima dengan baik oleh pasar. Itu dibangun di atas platform yang sama dengan Peugeot 405, tetapi menerima suspensi citroen, yang memungkinkan variabel ground clearance karena suspensi hidro-pneumatik. Styling mobil itu dilakukan oleh Marcello Gandini, yang bekerja untuk Studio Bertone Style ketika mobil diperkenalkan pada tahun 1982. Desain awal ditawarkan pada tahun 1979 ke Volvo sebagai mobil konsep bernama Tundra, tetapi perusahaan Sweedish mengira itu terlalu banyak untuk itu. zaman. Citroen membeli proyek dan meminta Bertone untuk menjadikannya hatchback 4 pintu. Dan "origami-desain" disetujui dan dihargai oleh papan Peugeot-Citroen. Dia bertanggung jawab atas bentuk gerobak stasiun juga, yang dia lakukan dengan memperluas atap dan menciptakan ujung belakang baru. Pintu belakang adalah sama, yang menyebabkan solusi pemotongan biaya. Di dalam, cluster instrumen berantakan dengan lebih banyak dial, terutama untuk versi teratas yang menampilkan sistem injeksi bahan bakar elektronik. Tapi itu masih mudah dibaca. Satelit samping untuk sinyal giliran diganti dengan tangkai reguler. Meskipun mobil itu dianggap sebagai kendaraan berukuran sedang, itu sempit bahkan pada standar 1982 ketika mobil ditunjukkan. Pada tahun 1989 itu bahkan lebih sulit. Ada beberapa mesin baru yang diinstal untuk model 1989, tetapi peningkatan paling penting adalah pengenalan sistem penggerak semua roda dengan mesin bensin 1,9 liter.