Pertempuran klasik dari mobil kuda itu selesai ketika Coupe Dodge Challenger muncul di pasaran untuk bergabung dengan pertempuran dengan Ford Mustang dan Chevrolet Camaro. Era desain retro kembali ketika Ford meluncurkan Mustang dan penjualannya melewati atap. Dodge datang dengan desain retro untuk pengisi daya tetapi mereka kehilangan coupe. Jadi, mereka mengeluarkan nama Challenger dari rak yang dibersihkan di mana ia duduk dan menghidupkan kembali dengan mesin V8 yang mulia di bawah tenda pada 2007 sebagai model 2008. Setahun kemudian, V6 kecil datang untuk meningkatkan penjualan. Desain retro pada penantang adalah hit besar. Hood yang panjang, kabin pendek dan bahkan dek belakang yang lebih pendek untuk bagasi berada dalam keseimbangan yang tepat untuk dimensi mobil. Keempat lampu depan ditutupi oleh fasia depan seperti alis samping-ke-sisi. Sisi Beltline yang dimulai dari depan diperluas ke belakang, bahu berotot dari fender belakang. Di dalam kabin, pengemudi dapat melihat cluster instrumen empat-dial yang khas dirancang dalam gaya retro. Pembaruan teknologi muncul dalam bentuk sistem suara yang lebih baik. Seperti penantang lama, model 2007 tidak memiliki tombol apa pun pada roda kemudi dipasang sebagai standar. Di bawah kap, ada 3,5 liter v6 yang memulai lineup. Itu cukup baik, tetapi dikawinkan dengan transmisi otomatis 4-kecepatan standar. Untuk transmisi manual dan gearbox otomatis yang lebih baik, ada versi SRT8 dan model khusus yang lebih kuat. Tapi, seperti pada awal perang kuda poni, masing-masing memiliki basis, pengemudi harian, mesin.