Enzo Ferrari mengejar kemenangan dalam balap, dan untuk itu, ia mengembangkan versi yang ditingkatkan untuk model 166 bernama 195 Sport dan membangunnya dalam dua versi dengan top tertutup atau terbuka. Meskipun mereka bukan kendaraan yang sama sekali baru, karena mereka dikonversi dari 166 model yang ada, empat kendaraan Ferrari berlomba dan memenangkan balapan bergengsi dari era itu seperti Giro Dela Callabria, sebuah kemenangan kelas pada 6 jam pertama Sebring dan 1950 Mille Miglia ras. 159 olahraga menampilkan tudung melengkung dengan intake udara depan untuk mesin. Kisi-kisi trapesium dengan sudut bulat dibawa dari model 166. Lampu depan bundar dari fender depan dipasang serendah mungkin untuk memastikan cahaya yang lebih baik pada cuaca berkabut. Dari sisi-sisinya, kaca depan yang disapu dan berpisah menawarkan kemungkinan, dalam versi Roadster, untuk menghilangkan setengahnya dan meningkatkan aerodinamis. Dengan kabin cocok untuk dua penghuni dan tongkat roda yang dipasang di lantai, olahraga 159 memberikan suasana yang sporty. Lima panggilnya dipasang di pusat panel dash, dengan tachometer besar di sebelah kanan dan speedometer di sebelah kiri. Di tengah, dalam rim bundar chrom, ada amp-meter, tingkat bahan bakar, dan suhu cairan pendingin. Sebuah cermin spion kecil menghiasi bagian atas dasbor, tepat di antara kaca depan. Di bawah tenda, Ferrari memasang versi modifikasi dari mesin 166. Pembuat mobil memperbesar bore dan menaikkan perpindahan V-12 menjadi 2,3 liter. Itu dipasangkan dengan manual lima kecepatan.