Pada tahun 1951 Ferrari masih membangun Kekaisarannya sebagai ikon Motorsport, tetapi pelanggan sudah tahu produknya di jalur balap. Setelah pelanggannya membenarkan mobil pertama, mereka mulai menggunakannya di balapan akhir pekan, tetapi mobil-mobil itu terlalu berat. Kemudian, Enzo Ferrari mulai menawarkan kendaraan yang dibuat khusus untuk balap tetapi masih dapat mengangkut pemiliknya dengan nyaman. Ekspor Ferrari 212 hanya mobil semacam itu, dibangun di atas sasis yang sama dengan Inter 212 tetapi dengan beberapa tweak ajaib yang membuatnya istimewa. Ekspor 212 tersedia sebagai coupe atau sebagai roadster. Sementara yang terakhir lebih dari balap mobil, ekspornya adalah kendaraan serbaguna. Itu bisa menyerbu jalur balap dan dapat digunakan saat mengemudi di tengah hujan. Torsi dan kekuatannya memungkinkannya didorong di gigi atas (kelima) dari 10 mph (16 kpj) hingga lebih dari 90 mph (145 kpj). Ferrari membangun ekspor dengan panel tubuh aluminium untuk membuat mobil lebih ringan. Kembali mobil miring memungkinkan aliran udara yang lebih halus dan lebih sedikit ketahanan angin. Desain itu mengarah ke keuntungan lain bagi interior, di mana pembuat mobil dapat memasang dua kursi ember di bagian depan dan rak di belakang untuk bagasi. Ekspor 212 menampilkan mesin V12 berdasarkan desain Kolombo asli, tetapi dengan bore dan stroke yang berbeda yang menyebabkan perpindahan 2,6 liter dan tiga karburator. Meskipun itu adalah solusi yang sangat baik untuk balap, itu tidak berguna di jalan-jalan biasa. Itu sebabnya Ferrari menawarkan opsi untuk manifold intake yang berbeda cocok untuk karburator twin-choke tunggal yang menyediakan daya yang cukup tetapi efisiensi bahan bakar yang lebih baik.