Scuderia F430 adalah mobil tercepat dan paling berorientasi jalur di Ferrari Stable. Orang Italia mengambil mobil yang sudah sangat baik dan membuatnya lebih ringan, lebih cepat, dan lebih baik di kurva. F430 adalah model dasar di lineup Ferrari. Konstruksi cahayanya dan mesin tengah membuatnya menjadi track-car yang sempurna dari eranya. Sulit dikalahkan bahkan oleh orang-orang dari Porsche atau Lamborghini. Dan, ketika merek-merek lain mulai mengejar ketinggalan, Ferrari membuka mobil, membuatnya 100 kg (220 lbs) lebih ringan, dan memberikannya lebih banyak daya dari mesin V8 yang disedot secara alami. Dari luar, The Twin-Stripes yang menutupi mobil dari depan ke belakang, knalpot ganda yang ditempatkan lebih tinggi di bumper belakang dan roda khusus menunjukkan kepada para pengamat bahwa itu bukan F430 biasa. Itu adalah model Scuderia, istilah yang digunakan oleh Italia untuk tim balap mereka. Di dalam, mobil itu fokus pada pengemudi. Dua kursi serat karbon ember-ember yang tercakup di Alcantara adalah satu-satunya fitur kenyamanan mobil. Tidak ada floormat, tidak ada radio atau AC. Yang terakhir ditawarkan sebagai opsi. Transmisi otomatis dengan satu clutch disc dikendalikan melalui tombol konsol tengah dan dengan dua pemindah dayung di belakang setir yang tertutup alcantara. Kenop putar pada yang mengendalikan sistem traksi dari basah untuk mematikan segalanya: ESP, diferensial belakang elektronik, dan kontrol stabilitas. Para insinyur Ferrari meremas lebih banyak daya dari mesin 4,3 liter dan mendorongnya ke 510 HP, bukan 490 dari versi standar. Michael Schumacher membantu menyetel suspensi dan Brembo menawarkan cakram rem keramik yang membantu menghentikan mobil tanpa memudar. Itu adalah trek-mobil terbaik dari masanya, tetapi masih dapat didaftarkan di jalanan.