Pada tahun 1961, Fiat memperkenalkan sedan eksekutif yang berkompetisi dengan kendaraan premium seperti Jaguar MKII dan "sirip-ek" Mercedes-Benz ". Fiat sudah menjadi nama besar di antara pembuat mobil premium di Eropa, dan model 1800 diterima dengan baik di pasaran. Tetapi pelanggan meminta lebih, dan pabrik Turin setuju untuk menawarkan kendaraan yang cocok untuk mereka yang melihat Mercedes-Benz 230 W110, tetapi itu tidak sesuai dengan anggaran mereka. 2300 adalah pilihan yang baik dalam hal kekuatan dan fitur. Lampu ganda di depan dan gaya alis Fender depan membuat mobil mudah dikenali pada saat itu. Grille besar, lebar, logam berisi hampir seluruh fasia depan. Pada saat yang sama, bumper Chrome dengan perlindungan karet tidak hanya berguna di tempat parkir ketat tetapi juga dianggap sebagai fitur keselamatan revolusioner. Di belakang, Fiat mengadopsi tren desain ekor sirip dengan lampu belakang vertikal dan tajam. Fiat bersikeras bahwa mobil itu harus menawarkan kenyamanan luar biasa dan mencari pelanggannya. Sayangnya, mobil itu tidak dilengkapi dengan AC dan power windows, dan itu tidak terlalu dihargai. Setidaknya, itu menawarkan transmisi otomatis pada daftar opsi. Di bawah kap, Fiat memasang mesin inline-enam yang dipasangkan ke gearbox manual 4-percepatan. Kemudian, manual 5 kecepatan tersedia sebagai opsi. Mesin yang disetel terutama, dibangun oleh abarth, meningkatkan daya hingga 140 hp, yang sangat tinggi untuk saat itu.