WWII mengungkapkan pentingnya kendaraan yang ringan, lincah, tidak jalan, dan pemerintah Italia memerintahkan Fiat untuk membangun satu. Dan itu adalah awal dari campagnola. Ini mungkin kendaraan off-road terbaik yang tidak akan pernah Anda ketahui. Tetapi itu melakukan lebih dari itu. Fiat menjual lisensi kepada mantan negara-negara komunis untuk membangunnya, dan tubuh kotak-kotaknya dengan mudah bergerak melalui lumpur dan lubang beberapa dekade setelah mobil diperkenalkan. Itu adalah jip Italia sejati dan, apalagi, itu adalah kendaraan yang andal dan dapat diandalkan, meskipun tidak ada di departemen listrik. Dari depan, itu tampak seperti Mini Moke, dengan bilah horizontal di grille dan lampu depan bulat. Pemerintah Italia melengkapi mobil untuk penggunaan militer dengan berbagai bodyworks dan fitur. Tapi itu tidak lama sampai pasar sipil menangis untuk kendaraan mainan off-road yang baru dibangun oleh Fiat, dan pembuat mobil menerima lampu hijau untuk menawarkannya di pasar bebas. Itu membangunnya dalam dua versi utama: convertible dan dengan hard-top metalik. Panel datar dari sisi-sisinya dan ujung-ujung bundar kapnya membuat mobil terlihat lebih baik dalam kehidupan nyata daripada dalam gambar. Interiornya bukan tempat yang nyaman. Roda kemudi tiga-spoke dan seperangkat pengukur yang dipasang di pusat dash-panel adalah semua fitur untuk pengemudi. Bahkan motor wiper diekspos dalam kasus aluminium yang tampak kasar di dasar kaca depan. Kursi Campagnola adalah beberapa pelek metalik dengan bantal pada mereka. Sedangkan untuk pintu, baik, mereka bisa dihapus dan ditinggalkan. Di bawah tenda, Fiat menawarkan Campagnola dengan berbagai pilihan, diesel, dan bensin. Kendaraan ini menampilkan gearbox manual 4-speed, transfer case dengan rentang rendah, dan diferensial belakang yang mengunci.