Fiat tidak harus menggali terlalu dalam untuk menemukan nama untuk mobil keluarga 2005. Itu hanya harus pergi ke dua dekade dan menemukan kendaraan keluarga yang layak: croma. Model 2005 adalah kendaraan yang sama sekali berbeda. Sementara versi aslinya dibangun bersama dengan Saab, dan itu adalah hatchback, penggantinya lebih dari minivan. Layak disebutkan bahwa pada tahun 2005 pasar MPV Eropa tidak begitu ramai lagi, dan pelanggan sudah memutar kepala mereka ke arah SUV dan crossover. Selain itu, Croma datang pada saat yang buruk dan, ketika krisis keuangan dunia dimulai pada 2008, efeknya mengerikan untuk merek Italia. Fiat tidak membangun croma dari awal. Ini menggunakan platform GM Epsilon yang sama dari Vectra Opel / Vauxhall, Cadillac BLS, dan Saab 9-3. Giorgetto Giugiaro menandatangani desain, dan itu seharusnya menjadi kendaraan keluarga. Bentuk bulatnya, dengan lampu depan sudut, jauh dari desain agresif. Kendaraan itu entah bagaimana antara station wagon dan minivan. Yang mengatakan, itu menawarkan garis atap yang tinggi dengan area jendela besar di sekitar kabin. Jendela sisi ketiga di belakang pilar-C meningkatkan cahaya interior kabin. Di belakang, lampu belakang horizontal besar meningkatkan visibilitas mobil dari belakang. Berkat rumah kaca yang tinggi, desainer dapat memasang posisi tempat duduk yang lebih tinggi. Fiat tidak mencoba menampung tujuh penumpang di dalamnya. Sebaliknya, ia menawarkan lima kursi dengan banyak ruang kaki dan ruang kepala. Fiat menginstal sistem infotainment UConnect baru di Stack Center, yang dapat memutar musik dari smartphone. Di bawah kap, pembuat mobil menawarkan pilihan lima mesin. Meskipun sebagian besar dari mereka dipasangkan ke gearbox manual, turbodiesel 5 silinder, 2,4 liter tersedia dengan otomatis enam kecepatan baru.