Ford U.K. memperkenalkan konsul Corsair, atau lebih dikenal hanya pada Corsair, pada 1963 London Motor Show sebagai kendaraan empat pintu atau stasiun-wagon. American Carmaker membutuhkan mobil untuk meningkatkan laba dari lineup Cortina dan yang mengarah pada proyek "Buccaneer". Para insinyurnya mengambil platform kendaraan kompak ringan dan membentangnya untuk menjadikannya sedan empat pintu dan gerobak stasiun. Untuk mempromosikan kendaraan, Ford mengambil kendaraan standar dan menjalankan balapan tahanan 43 yang meliputi 29.992 mil (48.265 km), yang lebih dari lingkar Bumi. Corsair terus dan semua orang membicarakannya, terutama karena diiklankan oleh No lain selain juara F1 Jim Clark. Dalam upaya untuk meningkatkan aerodinamis mobil, tim desain membayangkan bentuk V horizontal untuk ujung depan, dengan lampu depan bundar dipotong di dalam fasia depan. Lebar, metalik mesh-grille adalah tren baru dan hasil akhirnya berhasil. Di dalam, ada beberapa bagian yang dibagikan dengan model Cortina, tetapi tidak ada yang peduli tentang itu. Itu adalah mobil yang menawarkan kenyamanan yang baik untuk empat orang dewasa, dengan pintu yang cukup untuk mereka dan visibilitas besar. Ford tidak melupakan kepraktisan dan menyediakan bagasi besar untuk itu. Di bawah kap, pembuat mobil Amerika memasang beberapa pilihan mesin, dimulai dengan 1,5 liter inline-empat dan berakhir dengan dua mesin V-4. Semua versi dipasangkan ke manual empat kecepatan dengan tuas roda gigi yang dipasang di sebelah kolom kemudi.