Ford mencoba untuk membedakan versi tubuh pengawalnya dengan papan nama yang berbeda, seperti Orion untuk sedan empat pintu dan clipper untuk station wagon. Generasi terakhir dari pengawalan tersedia dalam semua bentuk tubuh untuk pasar yang ringkas. Sementara versi tiga pintu adalah yang paling dipikirkan oleh pelanggan muda, stasiun-wagon lebih disukai oleh mereka yang membutuhkan lebih banyak ruang bagasi untuk kereta dorong dan barang-barang terkait balita lainnya. Namun demikian, ia menawarkan banyak nilai untuk uang. Clipper Escort datang di pasar pada saat yang lama, desain boxy dari tahun 80-an mulai diganti dengan bentuk bulat tahun 90-an. Pembuat mobilnya mencoba dan berhasil menggabungkan dua tren. Sebuah grille dengan bilah horizontal tajam menyertai lampu depannya. Panel tubuh lainnya melengkung. Bahkan bak truk dibulatkan, membuat station wagon terlihat seperti hatchback dengan ujung belakang yang lebih panjang, tidak seperti saudara hatchback-nya, yang menampilkan desain tubuh dua dan setengah. Kursi ember interior menampilkan di bagian depan dan bangku lipat di belakang. Ford menginstal tachometer pada dasbor sebagai opsi untuk model tertentu dan sebagai standar untuk tingkat trim yang lebih tinggi dan mesin yang lebih kuat. Seperti saudara kandung lima pintu, Clipper menampilkan bangku kursi belakang split-lipat yang memungkinkan pemilik untuk memperluas area bagasi. Ford menginstal berbagai mesin, dimulai dengan unit turbodiesel hemat bahan bakar, 60 hp. Di ujung lain skala, para insinyur memperkenalkan 1,8 liter, empat pabrik yang disuntikkan bahan bakar yang menghasilkan 105 hp. Semua versi dipasangkan ke gearbox 5 kecepatan.