Fokus Ford generasi kedua diluncurkan pada tahun 2004 di Paris Motor Show sebagai hatchback 3 dan 5 pintu. Gaya tubuh sedan muncul pada pertengahan 2005. Versi 3 pintu memiliki penampilan paling spesial dari mereka semua, dengan garis atap Swept coupe. Juga dikenal sebagai fokus MK 2, generasi baru dibangun pada platform C1 baru yang digunakan oleh Volvo S40, V50, C70, Mazda 3, dan Ford C-Max, semua bagian dari program teknologi bersama Global Ford. Perubahan yang paling menonjol adalah dimensi yang meningkat dari mobil dibandingkan dengan fokus generasi pertama: peningkatan wheelbase 25 mm (0,98 inci), 168 mm (6,6 inci) lebih tinggi, 8 mm (0,31.inch), dan 138 mm (5.4 -inch) lebih lebar. Pembaruan membawa lebih banyak ruang interior, serta peningkatan kapasitas kargo. Di dalam, fokus baru datang dengan plastik berkualitas tinggi, menjatuhkan yang tidak mahal dan tampak buruk yang digunakan dengan generasi pertama. Konsol sentral disegarkan, terlihat lebih baik dan mirip dengan Mondeo. Selain tampil modern di dalam dan luar, fokus baru juga menampilkan beberapa peningkatan mekanis. Desain penangguhan MK1 yang sangat dipuji dibawa lebih banyak yang tidak berubah, dan bodyshell kekaku 10% memiliki efek positif pada penanganan. Fokus baru tidak dapat lagi dilengkapi dengan Unit Daya Zetec-Se, karena keluarga Duratec menggantinya dengan Powerplant Duratec Ti-VCT 1,6 liter. Unit baru ini dapat mematikan katup untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Semua unit dapat dikawinkan dengan transmisi durashift yang baru ditambahkan: manual 6-kecepatan atau 4-speed otomatis. Dalam hal keamanan, Ford Focus 2 berhasil melampaui sebagian besar pesaingnya, mendapatkan skor tinggi di EuronCap.