Pada awal 90-an, Mazda mencoba meluncurkan merek premium untuk bersaing dengan Infiniti, Acura, dan Lexus. Model pertama yang harus memasuki kompetisi adalah XEDOS 9 / Millenia. Sayangnya untuk merek Jepang, krisis ekonomi memaksa mereka untuk membatalkan program. Namun, Millenia / Xedos 9 dibangun dan tetap menjadi contoh dari apa yang dapat mereka lakukan jika resesi tidak akan menyerang mereka. Ramping dan efisien, XEDOS 9 menampilkan fasia depan ramping dengan lampu depan sempit dan gril yang tidak menyerupai Mazda lainnya di pasaran. Permukaan melengkung dan garis-garis yang mengalir masuk ke tren naik ke arah belakang. A-pilar Rake dan kaca depan miring meningkatkan koefisien aerodinamis. Interiornya lapang untuk lima penumpang dewasa. Tombol-tombol roda kemudi yang dipasang dan panel instrumen lengkap yang menawarkan informasi yang cukup tentang mobil dan kecepatan pengemudi. Di sisi cluster instrumen, pembuat mobil memasang lampu peringatan untuk berbagai fungsi. Di bawah sandaran tangan yang dipasang di pintu, ada kompartemen tertutup. Keajaiban datang di departemen teknis. XEDOS 9 tersedia dengan sistem kemudi semua roda dan kontrol traksi. Ada pilihan tiga mesin V6 di bawah kap, dan yang paling menarik adalah unit 2,3 liter. Itu adalah tipe siklus Miller, yang memungkinkan mobil untuk menawarkan efisiensi bahan bakar yang sangat baik untuk saat-saat, bahkan jika dikawinkan dengan gearbox otomatis 4-percepatan. Dua lainnya dipasangkan dengan manual 5 kecepatan. Salah satu keuntungan tertentu dari mobil adalah suspensi yang sepenuhnya independen dan pusat gravitasi yang rendah yang membantu mencapai kecepatan yang sama pada tes elk-menghindari sebagai Nissan 300 ZX atau BMW 850i.