Ford dan Nissan bergabung dengan paksa untuk mengembangkan SUV baru untuk pasar Eropa, menghasilkan duo Maverick-Terrano II, keduanya tersedia dengan versi tiga dan lima pintu. Merek Amerika memilih nama Maverick sementara Nissan melanjutkan dengan nama Terano II sebagai pengganti untuk wilayah generasi pertama. Sementara pada dasarnya, kedua kendaraan secara teknis sama, strategi pemasaran berbeda, dan Ford memutuskan untuk menggunakan opsi paket lain untuk modelnya. Dengan sudut-sudut yang lembut dan sudut yang dicukur, Maverick mengkonfirmasi bahwa era wedge-bentuk hilang bahkan untuk kendaraan 4x4. Namun, ada beberapa kenang-kenangan pada lampu depan kuadrat dan sinyal giliran persegi panjang dan lampu kabut yang dipasang di bumper depan. Tetapi era desain baru itu terlihat di samping, di mana beltline naik tampak melengkung, seperti langkah lunak di pintu belakang, di atas panel seperempat. Ford yang diinstal menawarkan Maverick dengan opsi lima atau tujuh kursi, dengan jump-kursi di area bagasi. Dengan baris kedua dan ketiga dilipat, Maverick menawarkan ukuran bagal 1900 liter (67 cu-ft), sementara dengan semua tujuh kursi diinstal, itu hampir tidak dapat menyediakan ruang untuk beberapa sandwich. Kendaraan itu dibangun di atas ladder-sasis, dengan suspensi independen depan dan gandar belakang lima link. Itu ditenagai oleh mesin bensin 2,4 liter atau turbodiesel 2,7 liter. Semua versi adalah paruh waktu 4x4 dengan gigi jarak rendah, dan transmisi standar adalah manual 5-speed. Tergantung pada pasar, opsi untuk otomatis 4 kecepatan ada pada daftar opsi.