Ford menginvestasikan satu miliar dolar dalam proyek Mondeo, tetapi hasilnya adalah mobil global yang tersedia dalam tiga bentuk: sedan, hatchback, dan station wagon. Segmen kendaraan menengah berubah, dan Ford memahami bahwa ia harus mengembangkan ide-ide baru. Pertama-tama, itu menciptakan platform yang sama sekali baru dan beralih dari drive roda belakang Sierra ke drive roda depan Mondeo. Jadi, itu membuat kendaraan ukuran menengah mobil dunia, tetapi beberapa versi tidak pergi ke semua pasar, seperti stasiun-wagon. Dengan garis-garis melengkung dan lampu depan ramping, Mondeo adalah kendaraan berpikir revolusioner untuk merek biru-oval. Itu memungkinkan mereka untuk meminimalkan grille, mempertajam ujung depan mobil, dan menurunkan koefisien seret aerodinamis. Berbeda dengan Sierra, kendaraan ukuran menengah baru datang dengan panel bodi bundar dan sudut-sudut yang lebih halus. Stasiun-wagon menampilkan atap yang lebih panjang untuk mengakomodasi area batang ekstra. Volumenya berkisar antara 650 l (22,3 cu-ft) dan 900 l (31,8 cu-ft). Di dalam, para desainer melanjutkan bentuk bundar eksterior dengan garis-garis halus dan melengkung di dasbor. Stack pusat berorientasi pengemudi dibangun sebagai perpanjangan alami dari cluster instrumen. Antara kursi depan, para desainer memasang sandaran tangan dengan kompartemen penyimpanan. Untuk hatchback, bangku belakang menampilkan seatback split-folding untuk meningkatkan kompartemen bagasi. Ford menawarkan Mondeo dengan kain atau pelapis kulit, tergantung pada level trim. Di bawah kap, mobil ini menampilkan berbagai pilihan mesin, baik diesel maupun bensin. 1,6 liter dengan daya entry-level sementara versi teratas adalah 2,5 liter v6. Transmisi standar untuk seluruh rentang adalah manual 5-speed, dan otomatis 4-speed tersedia untuk mesin yang dipilih.