Sementara Ford sedang mempersiapkan peluncuran generasi ketiga Mondeo, departemen pemasarannya berpikir bahwa gerobak masih memiliki sesuatu untuk dikatakan. Itu adalah salah satu kendaraan terbesar di kelasnya, dan bagasi kavernosa baik untuk memindahkan seorang siswa dari rumah ke perguruan tinggi menjadi satu perjalanan tanpa perlu trailer yang terpasang. Big Station-Wagon dirancang untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang tidak menginginkan MPV. Dengan kursi belakangnya dilipat, itu cukup baik sebagai tempat tidur. Dengan lampu-lampu segitiga-nya menyapu kap dan gril trapesium melengkung ramping, generasi kedua Mondeo adalah hit. Itu diperkenalkan ke pasar pada tahun 2000, tetapi desainnya tidak ketinggalan jaman. Namun, Ford memutuskan untuk melakukan facelift di atasnya dan sedikit mengubah bumper depan dan lampu depan. Interiornya bagus mencari dengan dasbor yang menawarkan dua ganti besar yang sama untuk tachometer dan speedometer dan dua layar LCD kecil di bagian bawahnya. Sentuhan yang bagus dari nuansa mewah adalah jam oval di tumpukan tengah, di atas sistem infotainment opsional, yang menampilkan CD dan Sat-Nav. Karena Mondeo terkenal karena kemampuan memojoknya, pembuat mobil memutuskan untuk memasang lebih tinggi dengan mendukung kursi depan, untuk menjaga penghuni tetap ada. Di belakang, seatback split-folding memungkinkan bagasi untuk diperluas menjadi 1700 liter (60 cu-ft) dari 538 liter yang layak (19 CU-FT). Model 2005 menerima lineup mesin baru, termasuk mesin diesel duratorq yang ditawarkan dalam empat output daya yang berbeda.