Mustang menjadi lebih besar untuk model tahun 1971, dan literatur mobil meminta memori pelanggan untuk model asli 1964, yang dijual dalam jumlah besar. Ford menganggap bahwa pelanggan asli sekarang berusia enam atau tujuh tahun, dan mereka sudah memiliki anak-anak dan membutuhkan tempat untuk duduk mereka. Sementara Mustang asli memiliki ruang minimal di belakang, model 1971 menawarkan cukup untuk remaja. Sayangnya, mustang '71 tidak hidup terlalu lama. Peraturan emisi dan asuransi baru dan perjanjian kafe mengakhiri era mobil otot, dan mobil pony asli tidak lagi menjadi kuda poni. Tudung panjangnya dan garis atap yang miring berakhir dengan kaca depan yang hampir datar meninggalkan kesan mobil sport. Ford bahkan mengatakan bahwa desain itu terinspirasi oleh mobil sport Eropa. Spoiler di bawah bumper depan, pegangan pintu siram, dan sayap di bagasi entah bagaimana mengkonfirmasi pernyataan itu. Tetapi ukuran dan berat mobil berada di ujung lain skala. Di dalam, Ford memasang kursi depan ember tinggi dengan headrest terintegrasi. Mereka bisa memiringkan dan meluncur ke depan untuk memberi ruang bagi penumpang belakang. Dasbor dibelajah dan sedikit melengkung. Di depan pengemudi, pembuat mobil memasang tombol penting yang menunjukkan kecepatan, tingkat bahan bakar, dan jam besar. Anehnya, tidak ada tachometer untuk mobil sport itu. Di bawah kap, Ford menawarkan Mustang pilihan dua mesin yang dipasangkan baik dengan manual empat kecepatan atau otomatis empat kecepatan. Tetapi pelanggan pergi membeli mobil kecil. Ketika Lee Iacocca berkata, "Pasar Mustang tidak pernah meninggalkan kita; kita meninggalkannya."