Dengan krisis minyak, penjualan mobil mulai naik lagi, dan Ford menawarkan Thunderbird sebagai kendaraan mewah pribadi. Dan itu adalah generasi paling sukses pada saat itu. Kembali ke 70-an, setelah era otot-mobil berakhir, Ford mencoba menjaga kendaraan coupe di pasaran dan menarik orang-orang kaya dengan Thunderbird. Mobil ini dirancang untuk menawarkan kenyamanan, bukan olah raga. Tetapi masih bisa mengikuti beberapa mobil sportier saat itu berkat pilihannya untuk mesin 400 cu-in (6,6 liter). Setelah krisis minyak dan perjanjian kafe, sebagian besar mobil mulai menyusut, dan T-Bird mengikuti tren perampokan yang sama. Itu lebih pendek dari pendahulunya, tapi itu masih mobil besar yang bisa bersaing dengan sebagian besar sedan mewah 2000-an, ukuran bijak. Di bagian depan, ini menampilkan dua lampu depan yang ditutupi dengan tutup yang dapat ditarik dan gril yang disematkan dengan bilah horizontal. Lencana spesifik dengan siluet Thunderbird menggantikan yang biru-oval dari Ford. B-pilar Raked dengan area kaca kecil di dalam membuat mobil terlihat lebih spesiar, dan pembuat mobil menawarkan versi dengan atap targa dalam gaya T-top. Di dalam, Thunderbird menawarkan kamar untuk empat orang dewasa dengan bangku-bangku di depan dan bangku di belakang. Karena dirancang sebagai perjalanan yang nyaman, pembuat mobil memasang sandaran tangan plushy individu untuk penumpang depan. Dashboard yang luas dan tinggi meningkatkan penampilan mobil yang mewah. Di bawah tubuh, Ford menggunakan platform yang sama dengan untuk Torino, LTD, atau Cougar Mercury Sportier. Karena itu 900 lbs (408 kg) lebih ringan dari pendahulunya, ia menawarkan kinerja yang baik, meskipun menggunakan mesin yang lebih kecil. Gearbox otomatis 3-speed dipasang sebagai standar untuk seluruh kisaran.