Holden memperkenalkan lineup Caprice / Statesman berdasarkan pada platform yang sama dengan Commodore, yang digunakan GM untuk Opel / Vauxhall Omega dan Cadillac Caterera. Menjadi bagian dari pembuat mobil raksasa juga mencakup keunggulan pengetahuan untuk berbagai komponen atau platform. Lengan Eropa General Motors, Opel, membangun mobil yang cocok untuk jalan-jalan Eropa. Itu berarti bahwa itu nyaman dan tidak kurang di departemen penanganan. Sementara orang Eropa tidak menyukai mesin besar, warga Australia tidak memiliki masalah dengan itu, sehingga mereka menempatkan mesin yang lebih besar di dalamnya untuk menyelesaikan masalah kinerja. Caprice / Statesman 1999 adalah versi Wheelbase yang lebih lama dari Commodore, dan itu dibangun terutama untuk CEO dan pihak berwenang. Dengan garis-garis tajam dan lensa yang jelas, lampu depannya yang tampak spesifik untuk versi kelas atas Commodore. Gril yang lebih luas dan persegi panjang dengan bilah horizontal menyerupai beberapa mobil premium lainnya dan menyebabkan beberapa lelucon tentang penampilannya. Tetapi garis-garis bersih, dengan sedikit pembesaran di atas lengkungan roda depan dan belakang, terkesan dengan garis berotot. Itu tampak seperti pembangun tubuh di acara dasi hitam. Holden berjudi pada bentuk halus dan melengkung yang sama dari luar dikombinasikan dengan garis lurus untuk interior. Para desainer mengembangkan tumpukan tengah di atas konsol tengah. Berkat wheelbase panjangnya, ada banyak ruang di bangku belakang, diprofilkan untuk dua penghuni yang dipisahkan oleh sandaran tangan lipat. Di bawah kap, Holden memasang mesin V6 3,8 liter yang halus untuk model dasar dan V8 untuk versi lengkap. Dengan perpindahan 5,7 liter, yang terakhir berasal dari tempat sampah GM, dan dapat ditemukan di bawah kap beberapa mobil olahraga Amerika.