Honda memperkenalkan generasi keenam dari Civic, juga dikenal sebagai Civic EK, pada tahun 1995 dalam tiga bentuk tubuh. Versi tiga pintu adalah salah satu yang paling sukses dalam barisannya. Setelah generasi kelima yang sukses, Honda memutuskan untuk menggantinya dengan kendaraan baru setelah hanya empat tahun di pasar. Beberapa dapat mengatakan bahwa itu hanya facelift, tetapi perbedaan teknis signifikan. Itu adalah platform yang berbeda, dan yang membagi penggemar Honda. Namun demikian, itu terbukti menjadi mobil penanganan yang hebat. Pembuat mobil Jepang menggunakan platform yang sama untuk kendaraan lebih, dengan drive depan atau all-wheel. Civic 3 pintu adalah satu-satunya hatchback yang ditawarkan oleh Honda di pasaran. Lampu depannya datang untuk menyenangkan mereka yang mengeluh tentang headlamp kecil generasi ke-5 kecil. Sebuah gril kecil dengan jala plastik hitam mendukung perak H-Badge. Di dalam, Honda memasang kursi berlapis velour berkualitas tinggi, mirip dengan yang dipasang dalam perjanjian. Terlepas dari versi sportiest, semua versi lain menampilkan pengemajin kecil. Di belakang, itu adalah ruang terbatas untuk dua penghuni. Setidaknya, bangku lipat sehingga dapat meningkatkan ukuran batang. Untuk pasar tertentu saja, Honda menawarkan sipil 3 pintu dengan mesin 160 HP, bernama Typer, juga dikenal sebagai EK9. Di Eropa, itu tersedia dengan rentang mesin yang lebih kecil yang disediakan antara 75 hp dan 115 hp. Mobil menampilkan suspensi independen di semua sudut, yang tidak biasa untuk segmennya.