Bahkan jika itu tampak seperti versi facelifted dari generasi kelima, Honda Civic 1997 adalah mobil yang sama sekali baru. Kehilangan beberapa fitur dan mendapatkan yang lain. Pertama, itu kehilangan suspensi depan double-wishbone yang mendukung mcpherson strut. Kedua, suspensi belakang menyimpan solusi tipe independen. Itu tersedia sebagai hatchback tiga atau lima pintu, sedan empat pintu dan coupe. Itu dibangun di pabrik-pabrik lebih banyak, di AS, Jepang dan di Swindon, di U.K. Sejauh powerplants pergi, beberapa varian sebelumnya dibawa, tetapi versi baru mesin Shaktier muncul. Beberapa versi untuk Kanada tidak tersedia di A.S., dan beberapa bahkan memiliki cermin yang dipanaskan. Di bawah kap, versi paling kuat dibebani sebagai VTI dan memiliki mesin 1,6 liter yang mengembangkan 160 hp. Di beberapa pasar, versi khusus yang disebut Pak ditawarkan dengan 1,6 liter dan 170 hp. Generasi kewarganegaraan kelima memiliki pilihan transmisi antara manual 5 kecepatan, otomatis 4-kecepatan dan bahkan CVT untuk HX versi Eco dengan mesin VTEC-E. Kinerja untuk VTI cocok dengan Hot-Hatch Eropa, dan diterima dengan sangat baik di AS. Keandalan kendaraan membuat mereka menjadi pilihan bagi generasi muda, beberapa di antaranya menggunakannya di balap jalanan.