Generasi kedelapan dari mobil kompak Honda Civic mengejutkan dunia dengan desainnya yang berani. Mobil yang tampak tajam menerima julukan "Bullet" di Inggris atau UFO di beberapa bagian lain di dunia. Pegangan pintu memiliki desain sudut khusus, meskipun tren pasar untuk menyiramnya ke bodywork. Dibandingkan dengan versi 5 pintu, tipe S memiliki dua pintu yang lebih besar dan jendela samping kecil untuk penumpang belakang. Di liftgate, karena tinggi Beltline, desainer Jepang memasang jendela belakang besar dibagi dengan bibir horizontal yang mencakup lampu rem ketiga. Untuk suspensi, Honda membuang suspensi belakang independen untuk balok torsi yang lebih konvensional. Solusinya diadopsi untuk memasang sistem "kursi ajaib", yang memungkinkan kursi belakang dilipat jika seseorang ingin mengangkut objek yang lebih tinggi. Mereka juga memindahkan tangki bahan bakar di bawah kursi pengemudi. Solusi ini sangat dikritik oleh komunitas Honda di seluruh dunia. Posisi tempat duduk yang lebih tinggi dan suspensi belakang "gelisah" berada di bawah kualitas generasi sebelumnya. Untuk drivetrain, Honda memasang dua mesin bensin dan turbodiesel. Sementara yang terakhir adalah 2,2 liter, dua lainnya masing-masing adalah 1,4 liter dan 1,8 liter. Untuk transmisi, manual 6-speed dipasang sebagai standar dan versi otomatis 5 kecepatan tersedia untuk mesin bensin. Itu memiliki sistem yang dikendalikan secara elektronik secara elektronik. Kemudian, gearbox otomatis 5-speed konvensional dipasang.