Honda memperkenalkan CR-V pada segmen SUV pada tahun 1995, dan itu hit besar sejak awal. Tetapi pada saat yang sama, pembuat mobil Jepang bekerja pada proyek yang lebih kecil: HR-V. Pada tahun 1999, ada kebingungan besar mengenai HR-V: Tidak ada yang tahu apa itu mobil itu. Itu bukan SUV, itu bukan MPV, dan tentu saja, itu bukan gerobak stasiun. Nama crossover tidak ada, dan semua media menganggap HR-V sebagai kendaraan sport-utilitas ringan. Itu lebih dari itu; Itu adalah fajar era otomotif baru. Desainer mobil tidak mengambil apa pun dari Honda Range. Itu adalah kendaraan yang dirancang dari awal, dan satu-satunya batasan adalah platform teknis. Dengan lampu depan berbentuk aneh yang mengambil ruang ke dalam bumper depan dan grille tinggi inci, HR-V adalah jenis campuran antara gerobak stasiun kompak dan SUV. Garis atap berakhir dengan sayap kecil di belakang dan bak belakang datar. Hanya lampu belakang yang menyerupai, entah bagaimana, yang dipasang di CR-V. Pada awalnya, Honda hanya memperkenalkan versi tiga pintu, yang dianggap lebih penting bagi pelanggan yang lebih muda. Di dalam, kendaraan rekreasi tinggi (HR-V) menawarkan ruang yang cukup untuk lima orang dewasa dan batang yang cukup besar untuk akhir pekan di pondok gunung. Berkat area jendela besar dan kebesaran, cermin pintu, mobil menawarkan perasaan kendaraan 4x4. Ini menampilkan fasilitas standar seperti AC, power windows, power steering, dan sistem audio yang layak. Di bawah kap, Honda memasang mesin 1.6 liter yang disedot secara alami hanya dengan 106 hp. Itu dipasangkan ke manual 5-speed yang dipasang sebagai standar atau CVT sebagai opsi. Honda menjual mobil dengan drive depan atau all-wheel.