Ada sesuatu tentang Jaguar yang tidak ada yang bisa mengambil: terlihat ramping dan perasaan indah mobil Inggris, dibuat untuk pengemudi dan penumpang juga. Dan ada XJR. Sebagian besar mobil Inggris terlibat dalam balap, setidaknya sebagian besar dari mereka yang berdiri di atas empat roda, bukan gerobak dorong dengan atap yang terbalik lebih mudah daripada balita pada hari pertama berjalan. Ketika Jaguar adalah pemenang ras dan membangun kendaraan mewah, mobil premium lainnya bahkan tidak ada. Dirancang sebagai kendaraan mewah, dan diluncurkan pada tahun 1994 di Paris Motor Show, generasi kedua XJ - X300 dihargai karena garis-garisnya. Tidak seperti sedan lain di pasaran, itu menunjukkan tinggi keseluruhan rendah dan tutup bagasi miring. Di depan, empat, lampu depan bulat dan Grille Chrome tampak lebih sporty daripada mobil sport lain di pasaran, tetapi dengan twist keanggunan. Berbeda dengan versi non-R, XJR menampilkan mesh-grille alih-alih yang klasik dengan bilah vertikal. Di dalam, ada sedikit ruang kepala daripada di panda fiat. Kursi-kursi rendah membuat penghuni merasa seperti mereka berada di mobil sport. Itu dalam kontradiksi antara trim kayu di dasbor, kursi kulit, dan gearbox manual. XJR menampilkan beberapa petunjuk untuk memberi tahu pengemudi bahwa itu lebih dari sekadar kendaraan mewah. Jaguar memasang mesin inline-enam di bawah tenda. Itu adalah unit 4,0 liter yang sama dari versi lain tetapi, kali ini, dibantu oleh seorang supercharger. Akibatnya, kendaraan mewah mampu mengimbangi kendaraan sport lain dari masa-masa itu dan masih dapat membuat kesan yang baik ketika muncul di depan Istana Buckingham.