Dirilis dari dominasi Ford, Jaguar menemukan cara baru untuk meningkatkan mobilnya dan menawarkan XKR yang sangat direvisi pada tahun 2009. Jaguar kembali! British Brand membawa versi facelifted XKR di 2009 North American International Auto Show di kedua bentuk sebagai convertible dan coupe. Manajemen baru memutuskan untuk berinvestasi lebih banyak di departemen teknik, dan GT baru tidak hanya sporty tetapi juga tampak lebih baik. Coupe menunjukkan serangkaian lampu depan baru dan bumper baru yang termasuk jala-grille di celemek bawah dari luar. Grille Elliptic yang ditempatkan di depan radiator menyerupai yang diinstal pada tipe-E legendaris. Tim desain Jaguar menjaga ventilasi tudung sebagai pernyataan untuk versi kinerja, dan di belakang, ia menambahkan trunk-spoiler. Untuk menyelesaikan gambar sporty, tim bersikeras menjaga sistem empat-buang. Di dalam, pembuat mobil memasang Rotary Silver Selector Gear yang dibawa dari saus empat pintu, XF. Di dalam cluster instrumen, tampilan TFT berdiri di antara tachometer dan speedometer. Tergantung pada opsi, XKR menampilkan trim kayu atau aluminium pada panel pintu dan tumpukan tengah. Di bawah kap, Jaguar memasang mesin supercharged V8 5.0 liter yang sama sekali baru. Ini menawarkan daya 23% lebih banyak dan torsi 12 persen lebih dari pendahulunya. Itu dipasangkan sebagai standar ke gearbox otomatis 6-percepatan dengan pemindah-gungging di belakang setir.