Wagoneer dibangun selama tiga dekade dan itu adalah kendaraan 4x4 terbesar, terberat, paling kuat, dan paling mahal di dunia pada saat peluncurannya pada tahun 1963. Dan itu membuat atributnya sejak lama. Itu dianggap sebagai salah satu SUV paling awal yang dibuat oleh Jeep, tetapi itu lebih merupakan truk daripada SUV karena dibangun di atas sasis truk pickup jip Gladiator. Tetapi interior mewah dan mesin yang kuat akan menempatkannya di wilayah SUV. Untuk mendapatkan daya tarik yang lebih baik di mata publik, Wagoneer ditata lebih seperti station wagon daripada 4x4. Fender depan bawahnya dari tudung, pilar Raked (untuk waktu itu), dan jendela samping besar khusus untuk stasiun-wagon. Model awal menampilkan gril yang sempit dan tinggi dan flush ke fasia depan empat lampu depan. Seiring waktu, ini diubah menjadi yang berbentuk persegi panjang. Di dalam, level trim atas, bernama terbatas, kursi kulit berfitur-kursi di depan dan bangku untuk tiga. Itu bisa dilipat atau dihapus sepenuhnya untuk meningkatkan ruang trunk hingga 2.700 liter (95 cu-ft). Tailgate dibuka terpisah, dengan jendela naik dan bagian bawah turun. Dasbor menampilkan putaran dial dan kayu plastik. Wagoneer dilengkapi dengan mesin 6- atau 8 silinder. Untuk transmisi, ini menampilkan 3 atau 4-kecepatan transmisi manual atau otomatis 3-kecepatan. Sistem 4x4 terlibat dari sakelar dash-mount, sedangkan gigi rangkaian rendah bisa terlibat melalui tuas yang dipasang di lantai.