Dikembangkan bersama dengan Porsche, Lada 111 adalah versi station-wagon dari sedan Lada 110, dan diperkenalkan pada tahun 1998 oleh pembuat mobil Rusia Avtovaz. Itu langkah besar ke depan untuk pembuat mobil Avtovaz Rusia. Dari mesin karburat, 1,2 liter dengan penggerak roda belakang yang diinstal pada mobil yang dirancang di tahun 60-an, ia melonjak ke mesin 1,6 liter, disuntikkan bahan bakar dan dengan roda depan-roda. Mobil itu siap untuk berproduksi pada tahun 1990, tetapi krisis ekonomi dan jatuhnya Uni Soviet menunda proyek tersebut. Desainnya baru, dengan lampu depan yang lebih sempit dan persegi panjang. Kisi-kisi itu hampir sepenuhnya tertutup, hanya dengan potongan kecil di sisi bawahnya. Area pendingin tambahan dipasang di sisi bawah bumper. Di sampingnya, sampingan secara visual menghubungkan lampu depan dengan lampu belakang. Ini menampilkan garis atap panjang dan satu set jendela lain di belakang pintu belakang karena itu adalah stasiun-gerobak. Di atas tailgate, Avtovaz memasang spoiler atap untuk mencegah kotoran di atas jendela belakang. Di dalam, mobil menampilkan desain yang lebih dekat dengan kendaraan tahun 80-an daripada yang dari tahun 1995. Tidak ada airbag untuk pengemudi atau power-windows untuk tingkat trim standar. Di dalam cluster instrumen trapesium, desainer memasang huruf putih pada dial hitam dan jarum merah. Panel besar menunjukkan pintu mana yang dibuka di konsol tengah di sebelah kontrol ventilasi. Ada dua kursi di depan dan bangku di belakang dengan seatback lipat untuk memperluas area bagasi.