Pembuat mobil Rusia mencoba untuk menyegarkan lineup dan memperkenalkan model Kalina pada tahun 2006 sebagai pengganti Lada 110 yang sudah tua. Setelah jatuhnya rezim Komunis di AS. Tetapi perlahan-lahan dan tentunya, itu mulai bangkit dan meluncurkan 110 pada tahun 1996 dan Kalina pada tahun 2006. Itu adalah kendaraan segmen kecil yang ditujukan terhadap Logan Dacia / Renault dan aksen Hyunda. Eksterior tampak seperti ada beberapa tim desain, dan mereka tidak berbicara satu sama lain. Hasilnya adalah bentuk bulat dengan lampu depan yang memandang dari kendaraan yang berbeda sementara bagasi ditambahkan setelah sisa mobil sudah siap. Dan itu tidak terlalu jauh dari kebenaran karena Sedan Kalina diluncurkan setelah Hatchback Kalina. Jendela kecil di belakang pintu belakang menyerupai yang dipasang di Vectra B, dan lampu belakang tampak dekat dengan yang dari sedan Astra Opel / Vauxhall. Di dalam, desainer memasang kontrol lampu di kiri setir, terinspirasi oleh beberapa mobil Jerman. Tidak seperti itu, dashboard Kalina menampilkan tujuh ventilasi udara, terlepas dari defroster kaca depan. Para insinyur Rusia pasti tahu bagaimana musim dingin melihat ke sana. Di bawah kap, LADA memasang satu opsi mesin, dibawa dari lineup Lada 110. Itu adalah mesin 1,6 liter empat pot yang menawarkan 80 hp. Itu dipasangkan ke gearbox 5-speed standar. Insinyur Rusia pergi untuk metode "Keep-It-Simple, Ivan".