Itu adalah tugas terakhir bagi Lancia A112 abarth sebelum berganti ke Lancia Y10 pada tahun 1986, dan didasarkan pada platform lama yang dibuat oleh Fiat untuk model 128. Pada tahun 1969, pembuat mobil kecil Italia Autobianchi membeli platform Fiat 128, menyusutnya, dan memberinya kehidupan baru dalam bentuk A112. Itu dibuat untuk bersaing dengan Monte Carlo Rally-Winner Mini. Meskipun tidak cocok dengan penjualan kendaraan Inggris, itu adalah kendaraan yang sukses yang dibangun di lebih dari 1,2 juta unit. Setelah Fiat membeli Autobianchi, produk-produknya mulai dijual sebagai Lancia. Eksterior mobil menyerupai banyak autobianchi A112 asli dari akhir 60-an, dengan dua lampu depan yang duduk lebih tinggi dari kap. Abarth menyetel sedikit hatchback di awal 70-an, dan Abarth Lancia A112 pertama diluncurkan dari jalur perakitan pada tahun 1982. Versi 1984 sebagian besar adalah versi facelifted yang menyertakan grille plastik hitam di depan, dan gagang pintu plastik hitam . Di dalam, pembuat mobil merancang mobil untuk empat orang dewasa. Meskipun, kursi belakang sangat sempit. Di depan pengemudi, pembuat mobil memasang cluster instrumen kecil yang menampilkan dua ganti besar untuk speedometer dan tachometer. Suhu cairan pendingin dan pengukur level bahan bakar dipasang di dalam panggilan speedometer. Di depan, sepasang kursi ember dengan headrest yang dapat dilepas dilapisi kulit liontin (vinyl). Di bawah kap, Abarth menyetel mesin bensin 1.1 liter untuk menawarkan hampir 68 HP untuk versi jalan yang dipasangkan ke manual 5-speed. Itu bukan mesin yang kuat, tetapi berkat bobot mobil rendah, memastikan berkendara bersemangat di atas roda paduan cahaya 13 ".