Setelah pemenang kejuaraan reli dunia, merek Italia yang sedang berjuang Lancia melemparkan pesaing dalam kategori kelas kecil di 2011 Geneva Motor Show. Itu bukan model baru, tetapi lebih seperti varian lima pintu untuk Lancia Ypsilon tua. Ypsilon baru memperkenalkan barang-barang mewah ke dalam kategori kelas kecil. Ini mengikuti sistem ramah lingkungan Multijet II dengan teknologi awal & stop untuk diesel dan fitur unik lainnya dalam kategori ini. Pada daftar Opsi, kami sekarang dapat menemukan fitur-fitur seperti sistem navigasi langsung biru & me-tomtom atau generasi kedua dari sistem parkir otomatis yang disebut "parkir sihir". Tampilan 3-pintu disimpan karena pegangan pintu belakang yang tersembunyi. Kendaraan panjang 3840 mm (12,6 kaki) secara keseluruhan menyimpan tampilan yang khas untuk segmennya. Grille Big Grille, lampu BI-Xenon dan lampu LED belakang yang khas membuat pernyataan yang jelas bahwa modelnya adalah "Kendaraan Mode". Rangkaian baru alloy-wheels juga ditawarkan untuk kendaraan. Lancia menawarkan keluarga mesin terbaru yang dimilikinya pada saat itu, dimulai dengan mesin kembar-udara yang terkenal. Ini adalah unit 900 cc dengan turbocharger, yang dianugerahi penghargaan "Mesin Tahun Ini", tetapi tidak banyak orang ingin membelinya meskipun 85 hp tersedia. Untuk transmisi, Lancia menawarkan manual atau semi-otomatis, ganda-clutch, gearbox (DFN). Semua kendaraan di lineup menghormati norma emisi Euro 5.