Nama bek diperkenalkan di pasar pada tahun 1990 sebagai penerus sejati untuk Land Rover 90/110 dan menyalakan kembali banding untuk kendaraan off-road hard-core. Dengan sejarah yang luas di belakangnya dan bodywork berbentuk serupa, bek memenuhi namanya dan menawarkan pengalaman yang otentik, hard-core. Tetapi terlepas dari itu, peraturan keselamatan dan emisi yang lebih baru memaksa pembuat mobil untuk meningkatkan mobil. Pada tahun 1997, bek 1990 harus beradaptasi dan menjadi lebih bersih. Pada saat perkembangannya, Land Rover dimiliki oleh Ford, dan pembuat mobil biru-oval itu menemukan facelift sebagai kesempatan untuk menjual lebih banyak dari mesin turbo-diesel transitnya. Land Rover harus kehilangan mesin 2,4 liter TD5. Unit baru ini lebih pendek tetapi lebih tinggi, dan yang mengarah pada modifikasi kap. Itu memakai tonjolan kekuatan yang lebar, dan flap ventilasi dikeluarkan dari bagian bawah kaca depan. Bek 110 menampilkan wheelbase yang lebih panjang (110 "), dan itu membuat ruang untuk lebih banyak orang di dalamnya. Karena peraturan keselamatan, pembuat mobil hanya harus menginstal kursi muka, dan yang menyebabkan maksimum tujuh kursi, bukan sembilan dari sembilan Sebelum ketika ada bangku yang dipasang di samping di bagasi. Land Rover memasang dashboard modular, yang memungkinkan proses manufaktur LHD dan RHD yang lebih mudah. Unit HVAC baru dipasang di tumpukan tengah, dan AC memiliki ventilasi yang terpisah. Di bawah tudung, pembuat mobil kehilangan mesin TD5-nya, yang tidak cocok untuk norma polusi baru Eropa, dan menggantinya dengan unit inline-empat 2.4 liter Ford dari transit. Itu dipasangkan ke gearbox 6-speed baru. Semua roda -Drive System menampilkan kotak transfer dengan gigi jarak rendah dan diferensial pusat penguncian. Berbeda dengan saingan utamanya, The Land Cruiser, bek 110 tidak tersedia dengan diferensial penguncian belakang.