Meskipun bukan generasi ketiga yang asli, meskipun Lotus menyebutnya seri 3, Lotus Elise 2010 menunjukkan beberapa peningkatan penting selama model Seri 2. Ada lampu depan baru, mesin baru, dan gearbox baru. Karena sasis seri 1 adalah salah satu yang terbaik di kelasnya, dengan struktur aluminium hidroformed dan direkatkan, sulit untuk mengubah sesuatu untuk itu. Tetapi, dengan sedikit bantuan dari GM, Lotus dapat melakukan beberapa modifikasi untuk mematuhi peraturan keselamatan baru. Itu, pada dasarnya, pembaruan paling penting untuk seri 2. Kemudian, pada 2010, Seri 3 datang dengan mesin perpindahan yang lebih kecil 1,6 liter dari Toyota. Itu adalah unit rev-happy yang meningkatkan 136 hp, yang layak untuk mobil sport yang sangat ringan. Dan kemudian, mereka menginstal mesin 1,8 liter secara alami disedot atau supercharged. Di dalam, ada dua kursi ketat yang sama yang menahan penghuninya tetap di tempatnya, gearbox manual dan, sebagai opsi, unit AC. Selain itu, semuanya disimpan untuk dasar. Ini menunjukkan niatnya untuk menjadi mobil pengemudi sejati dan bukan kendaraan yang akan dikendarai seseorang pada perjalanan sehari-hari. Unit 1,6 liter yang dikombinasikan dengan Ringan menjadikannya mobil yang sangat hemat bahan bakar. Tetapi suspensi kerasnya akan menghukum pengemudi dalam situasi mengemudi harian. Kecuali jika tempat kerja Anda berada di jalur dan Anda tinggal di pit-lajur.