Setelah beberapa edisi akhir lainnya, Lotus memutuskan untuk pensiun Elise dalam roadster edisi akhir sejati yang menambahkan beberapa poni ekstra dan menambahkan beberapa perubahan pada tampilan mobil di dalam maupun di luar. Mungkin sulit untuk membayangkan bagaimana Elise selamat di pasar selama seperempat abad. Terungkap pada tahun 1996, dan ia mengalami peningkatan konstan dari waktu ke waktu, tetapi pada dasarnya, itu tetap sama dengan mobil sport bare-chassis yang sama. Itu adalah mobil yang menyelamatkan merek Lotus dan membuatnya hebat lagi. Tidak ada permainan kata. Perubahan utama adalah untuk warna-warna dari luar, yang membangkitkan skema cat asli dari Elise, 1996, Elise. Lotus menawarkan edisi akhir 240 dalam biru biru, hitam, dan hijau balap. Sebagai pernyataan untuk edisi akhir 2021, Lotus menambahkan "edisi akhir 240 olahraga" decals di fender depan. Tidak ada sayap belakang besar di belakang. Di dalam, perubahan terbesar adalah panel instrumen TFT yang menggantikan dial analog. Ini menampilkan tampilan dua layar, satu untuk penggunaan jalan reguler dan satu lagi untuk balap, di trek. Sebuah roda kemudi yang tebal dan sedikit lebih lebar di kulit dan Alcantara membantu pengemudi untuk menjaga mobil tetap terkendali melalui kemudi yang tidak terdapat. Antara kursi, pembuat mobil meninggalkan hubungan kotak roda gigi yang terpapar sebagai patung logam yang spektakuler. Mesinnya sama dengan 1,8 liter empat-mill supercharged disetel untuk menyediakan 240 hp. Ya, olahraga edisi akhir 240 lebih berat daripada Elise asli 1996, tetapi itu masih merupakan mobil sport ringan dengan cara apa pun, dan mesin itu ada di sana hanya untuk mendorongnya dari satu sudut ke sudut lainnya.