Mazda meluncurkan perang aneh di pasar dengan mobil yang berbagi platform serupa tetapi menggunakan bodywork yang sama sekali berbeda, dan semuanya berada di segmen kompak yang sama. 323F adalah versi tertentu dari hatchback 5 pintu, yang mungkin disebut coupe empat pintu juga. Ini menampilkan jendela tanpa bingkai dan ujung miring. Itu lebih aerodinamis daripada hatchback reguler, yang masih tersedia di pasaran, bersama dengan coupe dan sedan. Dengan lampu depannya yang kecil di bagian depan, yang lebih kecil dari beberapa lampu kabut mobil lainnya, 323 F adalah kendaraan yang satu-satunya. Garis atapnya rendah, dan penampilan sportynya menjadikannya pesaing yang tangguh di pasaran. Di belakang, spoiler atap dan seekor sayap kecil meningkatkan tampilan dinamis mobil, bersama dengan strip merah yang diperluas yang menghubungkan lampu belakang. Di dalam, pembuat mobil memasang tumpukan pusat yang lebih tinggi di antara kursi ember depan, dengan tumpukan tengah yang memakai sistem audio dan kontrol HVAC. Tergantung pada level trim, pembuat mobil Jepang memasang sistem pendingin udara untuk mobil. Di bawah kap, Mazda memasang pilihan tiga mesin bensin, berkisar antara 1,5 liter dan 2,0 liter. Yang terakhir tersedia sebagai unit V6 dan terkenal dengan kehalusannya. Terlepas dari versi yang paling tidak kuat, semua mesin lain dapat dipasangkan dengan transmisi otomatis 4-percepatan sebagai alternatif untuk manual standar 5-speed.